Tips & Trick

6 Cara Membuat Taman Minimalis Sederhana di Rumah

Membuat Taman Minimalis

Bagaimana cara membuat taman minimalis di rumah agar tampak indah dan nyaman? Pertanyaan ini mungkin banyak diajukan oleh sebagian orang yang membeli rumah tanpa area teman.

Saat membeli rumah lewat developer, biasanya belum diberikan area taman hijau. rumah yang tersedia masih dalam bentuk standar.

Untuk itu, area taman di rumah komplek perumahan kebanyakan dibuat oleh pemilik rumah tersebut. Area ini bisa dibuat sendiri atau menggunakan jasa perbaikan taman yang profesional.

Salah satu jenis taman yang saat ini dianggap cantik dan nyaman adalah taman minimalis. Seperti apa taman minimalis dan bagaimana cara membuat taman minimalis, berikut ulasannya:

Taman Minimalis Adalah

Selain rumah minimalis, ada juga istilah taman minimalis yang saat ini menjadi contoh taman hijau terbaik untuk area rumah modern. 

Taman minimalis sendiri memiliki pengertian sebagai sebuah taman yang dibuat di lahan yang terbatas. Jadi, berapapun luas area yang tersisa di rumah kamu, bisa dibuat menjadi taman minimalis. 

Karena lahan terbatas, pembuatan taman ini tentunya tidak membutuhkan budget yang terlalu besar. Kamu cukup membeli beberapa jenis tanaman hias dan konsep yang sesuai, taman minimalis sudah bisa dimiliki. 

Cara Membuat Taman Minimalis

Membuat taman minimalis sebaiknya memiliki konsep yang jelas. Dengan begitu, budget yang diperlukan juga lebih mudah dihitung, terlebih jika menggunakan jasa perbaikan taman khusus. 

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat taman minimalis dan apakah kita perlu menggunakan jasa perbaikan taman khusus? Berikut ulasan selengkapnya:

Cek Luas Lahan

Seperti telah diulas pada pengertian taman minimalis, bahwa taman tersebut bisa dibuat di lahan terbatas sekalipun. 

Untuk itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengukur berapa luas lahan di area yang akan kamu jadikan taman minimalis di rumah. Setelah itu, kamu bisa mulai menentukan konsep tamannya.

Konsep Taman 

Jika menggunakan jasa perbaikan taman khusus, cara membuat taman minimalis juga bisa lebih mudah. Kamu tinggal konsultasikan mengenai konsep taman dan tema rumah yang diusung.

Ada beberapa pilihan yang bisa kamu tentukan. Kamu bisa membuat konsep taman kering, taman basah dengan air mancur, atau hanya ingin taman hijau yang menyejukan mata ketika melihatnya. 

Membuat Denah Taman

Tahap selanjutnya adalah membuat denah taman agar kita bisa melihat gambaran konsep dari taman itu sendiri. Umumnya, area hijau untuk taman setidaknya seluas sepertiga dari total lahannya. 

Kemudian, kamu bisa mulai untuk meletakan elemen lain seperti kolam atau meja taman. Khusus untuk kolam luasnya hanya bisa dua pertiga dari lahan. 

jika lahan yang tersedia seluas 3.5 x 6 meter, maka luas dalam denah kasar untuk kolam maksimal sekitar 2.2 x 4 meter saja. 

Tanaman Hijau Pilihan

Meskipun tampak sederhana, ternyata memilih tanaman hijau untuk taman minimalis tidak bisa dianggap hal yang sepele. 

Pasalnya cara membuat taman minimalis ini biasanya identic dengan harga tanaman hias atau tanaman hijau yang cukup tinggi. 

Sepertinya semua tanaman hijau akan cocok jika diletakan di taman minimalis rumah kita, tapi jangan sampai kalap ketika memilih dan berbelanja tanaman hijau untuk taman ini. 

Sebaiknya, kamu lebih mempertimbangkan ruang tumbuh tanaman tersebut, dan lebih memaksimalkan penggunaan rumput taman. 2 hingga 4 jenis tanaman hijau sebenarnya sudah cukup.

Menyiapkan Saluran Air

Cara membuat taman minimalis di rumah, baik menggunakan jasa perbaikan taman khusus atau dikerjakan sendiri, pastikan selalu menyiapkan saluran air di area taman tersebut.

Saluran air sangat dibutuhkan untuk menghindari genangan air di area taman, seperti sehabis menyiram tanaman misalnya.

Air yang terlalu banyak dan menggenang di area taman hijau, bisa membuat beberapa tanaman lebih cepat rusak dan membusuk.

Hias dan Dekorasi

Bagian terakhir dari cara membuat taman minimalis ini adalah bagian yang cukup menyenangkan. Jika taman sudah jadi, kamu tinggal menghias dan memberikan sentuhan dekorasi unik untuk taman tersebut.

Kamu bisa meletakan lampu khusus sebagai penerangan di area tamannya. Saat malam hari, taman dengan lampu seperti ini tentunya akan nyaman dipandang mata.

Agar lebih hemat listrik, jenis lampu tenaga surya bisa dijadikan pilihan. Pastikan penerangannya cukup meneduhkan dan tidak terlalu terang saat malam hari. 

Baca juga : Jenis-jenis Produk Lampu di Tanganketiga

Jasa Perbaikan Taman di Kuningan

Seperti apa sih membuat taman melalui jasa perbaikan taman itu? Dengan menggunakan jasa seperti ini, kita bisa mengetahui secara detail mengenai budget yang diperlukan untuk taman yang sesuai keinginan.  

Nantinya, pihak jasa perbaikan taman akan membuatkan RAB (rencana anggaran bangunan taman) yang berisi tentang elemen-elemen yang akan diletakan dan terdapat di taman hijau tersebut.

Dengan begitu, kamu tidak akan mengalami over budget pembangunan taman, karena semuanya sudah dihitung sesuai dengan RAB tadi.

Butuh jasa perbaikan taman minimalis dan taman hijau untuk area Kuningan, hubungi saja tanganketiga dan kami akan membantu kamu mewujudkan taman hijau impian sesuai budget yang dimiliki.

Kunjungi website tanganketiga atau WhatsApp kami untuk berkonsultasi seputar cara membuat taman minimalis dan perhitungan budgetnya.

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.