Tips & Trick

7 Cara Membuat Dapur Bersih dengan Mudah dan Praktis

Membuat Dapur Bersih

Rumah akan semakin nyaman, jika kamu tahu cara membersihkan dapur dengan mudah. Pasalnya, membersihkan dapur yang sering kotor ternyata tidak sesulit yang dibayangkan.

Selain rumah yang indah dan estetik, rumah yang bersih dan rapi menjadi impian banyak orang saat ini. Bukan hanya ruangan tamu dan ruang kamar yang harus dibersihkan, tapi juga ruangan dapur dan perabotannya.

Area dapur pasalnya menjadi tempat yang benar-benar sibuk. Para wanita akan memasak berbagai masakan yang mereka suka untuk keluarganya di area dapur.

Untuk itu, area dapur menjadi salah satu tempat yang sering kotor, banyak kuman bakteri, serta harus dibersihkan. Bagaiman cara membersihkan dapur dengan mudah?  

Cara Membuat Dapur Bersih

Dapur di rumahmu mungkin sering digunakan untuk memasak beraneka ragam masakan berbumbu dan berkuah, tetapi rasanya menjadi kurang indah jika tidak dibersihkan.

Untuk membuat dapur kita selalu tampak bersih, tidak sulit, selain dibersihkan dengan teratur menggunakan pembersih khusus, berikut ini cara membuat dapur bersih dengan mudah:

Banyak Rak Penyimpanan

Di dapur, ada banyak barang yang digunakan, mulai dari sendok, garpu, piring, panci, wajan, Teflon, dan lain sebagainnya. semua peralatan dapur ini sebaiknya disimpan secara terorganisasi di dalam rak khusus.

Dapur modern saat ini juga fokus pada rak penyimpanan. Sehingga, dapur akan selalu tampak rapi dan bersih. Tidak ada lagi wajan bekas pakai yang masih tersimpan di atas kompor yang membuat kesan kotor dan kurang rapi.

Rak penyimpanan di area dapur juga sebaiknya dibuat dengan konsep kemudahan pengambilan. Model rak berbentuk laci, tentunya akan memudahkan kita saat harus mengambil perabotan tersebut.

Lapisan Backsplash

Sudah tahu apa itu lapisan backsplash? Ini merupakan area yang berbentuk dinding dapur dan berhadapan langsung dengan kompor dan wastafel atau sink. Backsplash ini umumnya lebih cepat kotor, sehingga sebaiknya dilapisi oleh kertas anti minyak atau cat khusus.

Lapisan backsplash kini banyak tersedia dalam berbagai material, seperti dari bahan keramik, wallpaper, tahan air, kaca, kayu, stainless steel, minyak, dan lain sebagainya.

Desain dapur yang Sesuai

Desain dapur ternyata bisa menjadi cara membuat dapur bersih, jika kita bisa menyesuaikan dengan model dapur itu sendiri.

Jika dapur di rumah berukuran kecil, maka cara membuat dapur bersih adalah dengan membuat dapur model memanjang saja atau lurus.

Sebaliknya, jika ukuran untuk dapur besar, maka desain dapur berbentuk U dan L bisa menjadi pilihan. Konsep desain dapur ini untuk menghindari perabotan yang berantakan dan tersebar.

Bersihkan Barang Setelah Digunakan

Dapur bersih tentunya tidak terjadi dengan sendirinya. Dapur yang bersih juga tergantung dari penghuninya. Jika setiap kali memasak atau makan rajin dibersihkan, maka penghuni rumah sudah melakukan cara membersihkan dapur yang paling mudah.

Hindari untuk menumpuk peralatan di area wastafel, atau menumpuk cucian piring kotor di area tersebut. pastikan sehabis mencuci piring, tempat tersebut di lap, bekas memasak juga dilap dan di pel, sehingga dapur tetap bersih dan rapi terjaga. 

Jangan Biarkan Genangan Air di Sink

Cara membuat dapur bersih juga cukup sulit, jika kamu masih sering membiarkan air menggenang di area wastafel cuci piring. Padahal, dapur yang bersih adalah dapur yang tidak ada genangan airnya sama sekali.

Pastikan agar wastafel cuci piring ini selalu bersih setelah digunakan. Bersihkan dengan pembersih khusus dari bahan stainless steel atau bahan pembersih kaca ( sesuaikan dengan dapurmu ).

Hindari Warna Putih Terlalu Banyak

Untuk rumah minimalis, dapur dengan dominasi warna putih mungkin akan sangat serasi. Tetapi, warna ini sangat rentan dengan debu dan kotoran, jika jarang dibersihkan atau jika digunakan untuk lapisan cat dinding di dapur.

Sebaiknya hindari penggunaan warna putih di area dapur yang terlalu berlebihan. Gunakan warna-warna lain yang lebih aman atau bisa juga dengan menambahkan lapisan atau tidak cepat rusak.

Dapur Minimalis

Jika kamu memiliki dapur yang sulit dibersihkan dan terlalu banyak barang, cara mudah membersihkan dapur yang dilakukan adalah dengan menerapkan konsep minimalis pada area dapur tersebut.

Jika terlalu banyak barang atau peralatan di dapur, sebaiknya mulai kurangi dan cukup pakai perabotan yang memang diperlukan saja. Sisanya, kamu bisa simpan secara terorganisir di dalam rak penyimpanan.  

Cara membuat dapur bersih, merupakan kesadaran yang dilakukan penghuni rumah untuk merawat kebersihan di area rumahnya.  

Menjaga kebersihan dapur adalah salah satu cara untuk menjadikan rumah tampak selalu bersih dan nyaman untuk ditinggali. 

Ingin memperindah ruangan dapur, ruang tamu, ruang tidur dengan dekorasi yang unik dan estetik? Yuk, pesan saja di toko furniture online tanganketiga, whatsApp kami sekarang!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *