Tips & Trick

Cara Menghitung Biaya Jasa Desain Interior

Biaya Jasa Desain Interior

Berapa biaya jasa desain interior yang dibutuhkan saat kita ingin membuat rumah lama menjadi lebih indah dan nyaman? 

Kehadiran jasa desain interior saat ini, menjadi solusi untuk menjadikan rumah tampak lebih estetik, nyaman, serta bisa memiliki harga jual rumah yang tinggi dibandingkan sebelumnya. 

Memiliki rumah dengan desain interior yang sesuai, menjadi keinginan sebagian besar orang saat ini. Rumah bukan hanya tempat tinggal, tapi juga harus indah dan Instagramable. 

Tapi untuk mewujudkan itu semua, kita tidak bisa membuat desain interior sendiri. Selain budget yang tidak terukur, aka nada juga ketidaksesuaian antar komponen di dalam rumah dengan desain interior yang dipilih. 

Jika ingin menggunakan jasa desain interior terbaik, kira-kira berapa biaya jasa desain interior yang harus dibayarkan dan bagaimana cara menghitungnya?

Cara Kerja Desain Interior

Ketika kita memilih untuk menggunakan jasa desain interior, maka tim mereka akan memulai melakukan pekerjaannya melalui beberapa tahapan. 

Desainer dari jasa tersebut akan mulai membuat denah ruangan yang akan dirancang dalam bentuk 2 dimensi. Gambar tersebut dibuat sesuai dengan keinginan klien tentunya. 

Kemudian, gambar 2 dimensi tersebut akan divisualisasikan dalam bentuk 3 dimensi. Agar klien mendapatkan desain yang diinginkan, sampaikan semua konsep secara detail pada pihak jasa desain interior. 

Selain itu, beberapa perhitungan dan gambar detail biasanya akan dibuat oleh tim desainer interior tersebut. 

Adapun beberapa gambar detail yang dimaksud seperti warna dinding, plafon, lantaim instalasi listrik, layout furniture dan lain sebagainya. 

Biaya Jasa Desain Interior 

Saatnya kita sama-sama menghitung berapa biaya jasa desain interior yang harus disiapkan untuk merubah desain rumah lama kamu menjadi indah dan nyaman.

Berbicara soal biaya jasa desain interior, banyak orang yang merasa ragu untuk memilih jasa ini karena khawatir akan mengalami over budget atau biaya membengkak.

Sebagai informasi, soal biaya jasa desain interior seperti ini sebenarnya sudah ditetapkan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) serta Himpunan Desainer Interior Indonesia (HDII).

Berdasarkan ketetapan tersebut, terdapat dua metode yang digunakan untuk menghitung biaya jasa desain interior per meter perseginya.

Biaya ini juga mengacu pada seberapa luas ruangan yang akan dibuat desain interiornya. Semakin banyak ruangan yang diubah desainnya, semakin besar biaya jasa desain interior yang dibutuhkan.

Kemudian metode perhitungan biaya jasa desain interior yang kedua adalah berdasarkan komisi total dan persentase dari semua anggaran, maksimal 10 % dari total anggarannya.

Biaya Jasa Desain Interior Per Meter Persegi

Nah, seperti apa perhitungan biaya jasa desain interior per meter persegi itu? Hal ini juga tergantung dari kredibilitas desainernya juga jam terbang yang dimiliki. 

Jasa desain interior dengan portfolio dan pengalaman terbaik dalam bidang interior design, maka biayanya akan lebih tinggi. 

Rata-rata desainer dapat mematok harga jasa mereka di angka Rp. 150.000 hingga Rp. 1.000.000 untuk per meter perseginya.

Berikut ini contoh perhitungan biaya desain interior:

Jika kamu ingin merancang suatu desain interior rumah tinggal, dan diketahui dimensinya sekitar 15 x 20 meter, serta tarifnya adalah Rp. 200.000 per meter persegi. 

Maka biaya jasa desain interiornya sebagai berikut:

Rp. 200.000 x (15 x 20 meter) = Rp. 30.000.000

Biaya Jasa Desain Interior dengan Persentase

Berikutnya adalah menggunakan persentase dari anggaran untuk mengetahui berapa biaya jasa desain interior yang dipilih. 

Rata-rata harga yang ditetapkan sekitar 2.5% dan presentasi paling tinggi sekitar 10%. Berikut contoh kasusnya:

Seorang desainer rumah telah mendapatkan proyek rumah tinggal yang memiliki luas sekitar 300 m2. Maka total biaya yang harus dikeluarkan, termasuk dengan furniture untuk melengkapinya sebesar Rp. 3 Miliar.

Maka perhitungan biaya jasa desain interiornya adalah:

5% x Rp. 3 Miliar = Rp. 150.000.000

Proses Pengerjaan Desain Interior

Dalam proses pengerjaanya, jasa desain interior juga dapat dilakukan dalam dua jenis. Desain hanya gambarnya saja dan gambar beserta proses pembangunan atau design and build. 

Masing-masing jenis pengerjaan desain interior tersebut juga memiliki biaya jasa desain interior yang berbeda. 

Berdasarkan Gambar

Desain interior berdasarkan gambar adalah klien menggunakan jasa desain interior, namun konsultasi yang dilakukan hanya sampai gambar saja. Tahap selanjutnya atau tahap pengerjaan sudah bukan tanggung jawab desain interior tersebut.

Gambar dan Pembangunan

Design and build merupakan pekerjaan para desainer interior, yang mana tim mereka akan memberikan gambar desain hingga proses pengaplikasian dan penempatan furniture yang sesuai. 

Selain itu, proses pengecatan dinding, pencahayaan, hingga dekorasi lainnya juga menjadi pekerjaan jasa desain interior untuk pengerjaan design and building ini. 

Biaya jasa desain interior seperti ini pastinya lebih mahal dibandingkan hanya desain gambar saja. Selain itu ada juga tambahan biaya lainnya seperti biaya instalasi, material, dan biaya desainnya. 

Masih bingung menentukan jasa desain interior terbaik mana yang sesuai dengan budget kamu saat ini?

Konsultasikan saja dengan tanganketiga, kamu bisa berkonsultasi sekarang juga, seputar jasa desain interior dan biaya jasa desain interior. Hubungi tanganketiga melalui whatsApp atau kunjungi website kami sekarang!

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.