Tips & Trick

6 Warna Cat Dinding untuk Rumah yang Sempit Jadi Lebih Luas dan Proporsional

Warna Cat Dinding untuk Rumah

Warna cat dinding untuk rumah ternyata bukan saja memperindah ruangan, tapi bisa merubah ilusi penglihatan kita terhadap ruangan tersebut.

Mewarnai dinding rumah dengan trik khusus, malah bisa menjadikan ruangan yang sempit tampak lebih lebar, atau ruangan yang kecil jadi lebih luas.

Seperti apa trik warna cat dinding itu dan warna-warna cat tembok apa saja yang bisa membuat ruangan tampak lebih proporsional, berikut ulasan selengkapnya:

Trik Warna Cat Dinding Agar Tampak Proporsional

Memiliki rumah dengan beberapa ruangan yang tidak terlalu luas mungkin cukup membuat sesak. 

Namun, dengan trik cat warna dinding berikut ini, ruangan sempit bisa jadi tampak lebih luas. Berikut beberapa trik tersebut:

Trik Expand and Shrink

Trik warna cat tembok yang pertama adalah expand and shrink. Trik ini adalah yang paling mudah jika ingin membuat kesan ruangan menjadi lebih luas atau sebaliknya.

Untuk ilusi ruangan lebih luas, cukup pilih warna cat yang terang. Sebaliknya, jika ingin ilusi ruangan yang lebih sempit dan terasa dekat, pilihan warna cat dinding yang gelap.

Trik Elongate dan Shorten

Selanjutnya adalah trik cat dinding Elongate dan shorten, dimana trik ini tentang memadukan dua warna cat dinding untuk rumah terbaik. Di satu sisi ada warna gelap dan di sisi lainnya menggunakan warna terang.

Untuk membuat kesan ruangan yang panjang menjadi lebih pendek, cat bagian dinding terjauh dengan warna cat lebih terang (warna putih). 

Untuk membuat ruangan terkesan sangat panjang, gunakan warna cat di bagian terjauh dinding dengan warna yang lebih gelap.

Trik Widen The Room

Trik cat dinding yang selanjutnya cukup sering kita lihat untuk cat rumah minimalis. Widen the room adalah mengecat dinding tembok dengan perpaduan warna gelap dan terang, dengan tujuan membuat ruangan tampak lebih lebar.

6 Warna Cat Dinding untuk Rumah Terbaik untuk Ruangan Tampak Proporsional

Dalam menata desain interior rumah yang bagus, salah satunya bisa dimulai dari merubah warna cat di ruangan tertentu, agar tampak lebih luas, istimewa, dan tetap nyaman.

Berikut ini warna-warna cat dinding rumah terbaik agar ruangan tampak lebih proporsional:

Cat Warna Putih

Warna putih merupakan warna yang identik dengan rumah minimalis modern seperti saat ini. Keunggulan yang ditonjolkan dengan cat warna putih adalah kesan luas dan leluasa pada setiap ruangan. 

Selain itu, ruang tamu, ruang dapur, hingga ruang kamar tidur sekalipun bisa tampak lebih cerah, luas, dan selalu bersih, jika dikelilingi warna putih sebagai warna cat di bagian dindingnya.

Cat Warna Biru Navy

Jika warna cat putih dianggap terlalu terang, maka kamu bisa memilih warna biru navy sebagai alternatifnya. Warna yang identik dengan biru laut ini bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih luas.

Warna biru navy yang dipadukan dengan warna cat putih pada suatu ruangan, dapat memberikan ilusi pada setiap ruangan menjadi lebih luas.

Kamu bisa semakin mempercantik ruangan yang sudah diberikan cat biru navy, dengan tambahan furniture warna-warna netral, efek luas pada ruangan akan lebih terasa.

Cat Warna Pastel

Memiliki ruang tamu atau ruang kamar dengan warna pastel, pastinya akan selalu menarik perhatian. Pasalnya, warna ini juga bisa memberikan efek ruangan menjadi lebih luas.

Beberapa warna pastel yang kini banyak digunakan sebagai warna cat dinding favorit seperti warna pink muda, biru muda, hijau muda dan lain sebagainnya.

Selain bisa memberikan kesan ruangan yang lebih luas, warna pastel juga identik dengan warna yang ceria, tidak membosankan, dan mampu mengurangi stress.

Cat Warna Abu-Abu

Termasuk pada warna cat tembok yang lebih gelap, warna abu-abu ternyata cukup banyak diminati saat ini. Rumah minimalis banyak memadukan warna abu dengan putih, sebagai warna yang serasi dan membuat ruangan di dalamnya tampak lebih luas dan proporsional.

Cat Warna Tosca

Selanjutnya adalah warna tosca sebagai warna cat dinding interior rumah modern saat ini. Seperti hal nya warna biru navy, warna tosca juga bisa dipadukan dengan warna putih, agar ruangan-ruangan yang sempit tampak lebih luas dan lebar.

Cat Warna Merah

Merah menjadi warna cat tembok yang cukup jarang digunakan sebagian orang. Namun, jika dipadukan dengan cat berwarna lebih terang, hasilnya bisa membuat setiap ruangan di rumah terasa lebih luas.

Untuk semakin mempercantik ruang tamu atau ruang utama yang menggunakan cat warna merah, kamu bisa menambahkan beberapa furniture dengan dominasi warna cerah juga (warna putih) agar tampak proporsional.

Konsultasi Soal Warna Cat Dinding yang Sesuai dengan Jasa Desain Interior

Sebelum menentukan warna cat dinding untuk rumah yang sesuai, kamu bisa berkonsultasi terlebih dulu dengan pihak jasa interior desain yang kamu pilih. 

Bahkan, tim jasa interior desain rumah yang profesional dan berpengalaman, akan merekomendasikan warna-warna cat rumah terbaik yang cocok dengan konsep rumah kamu, seperti jasa interior desain dari tanganketiga.

Lewat tanganketiga, kamu bisa berkonsultasi seputar jasa desain interior dan eksterior rumah, renovasi rumah, hingga memilih furniture terbaik yang cocok untuk mewujudkan rumah impian. 

Cari Jasa Desain Interior & Eksterior yang Berpengalaman?

Dapatkan sentuhan keunikan dalam setiap detail desainnya dari tanganketiga
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.