Tips & Trick

Dapur di Tengah Rumah? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Dapur di Tengah Rumah

Menempatkan dapur di tengah rumah merupakan salah satu opsi. Pasalnya, dapur bisa ditempatkan di area depan, tengah, dan belakang.

Peletakan dapur tersebut ternyata memiliki fungsi tersendiri, selain sebagai ruang makan para anggota keluarga. 

Area tengah rumah tentunya dapat memudahkan kita untuk menjangkau ruangan lain di sekitarnya. Dapur di tengah rumah tentu akan lebih terasa hangat. 

Bagi kamu yang ingin menempatkan dapur di tengah rumah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar area tersebut tetap nyaman. Berikut ulasan selengkapnya:

Kelebihan Dapur di Tengah Rumah

Dengan menempatkan dapur di tengah rumah, sebenarnya bisa lebih memudahkan jangkauan serta pengawasan bagi semua anggota keluarga, khususnya anak balita di rumah.

Posisi dapur yang berada di tengah, juga bisa menjadikannya ruangan untuk berkumpul bagi semua anggota keluarga dan kerabat dalam berbagai momen.

Agar tetap nyaman dan estetik, ruangan dapur di tengah rumah tentunya harus menggunakan furniture yang sesuai dengan konsep yang digunakan.

Banyaknya furniture di area dapur, seperti kursi makan misalnya, harus disesuaikan dengan banyaknya anggota keluarga yang berada di rumah.

Dapur identik dengan kegiatan memasak yang menyenangkan. Selain untuk memberikan anggota keluarga kecukupan gizi, masak juga merupakan hobi yang mengasyikan. 

Meskipun begitu, posisi dapur di tengah rumah juga akan mempengaruhi ruangan lainnya. Dalam hal ini, asap dan bau masakan yang muncul ketika sedang beraktivitas di area dapur tengah.

Beberapa rumah meletakan posisi dapur di tengah rumah karena beberapa alasan sebagai berikut:

  • Rumah Dua Fungsi

Sebuah bangunan rumah yang dibangun dengan 2 fungsi, bagian depannya digunakan untuk kegiatan bisnis yang memang memerlukan dapur dengan jarak yang lebih dekat.

Fungsi rumah seperti ini akan meletakkan dapur di tengah rumah, tanpa khawatir mengganggu kenyamanan ruangan lainnya.

Bangunan 2 fungsi seperti ini biasanya kita jumpai dalam bentuk kafe, ruko, rumah makan, warung, dan lain sebagainnya.

  • Gabungan Dua Rumah

Dapur di tengah rumah juga biasanya dibangun karena adanya gabungan antara 2 rumah, yaitu rumah lama dan rumah bangunan baru.

Rumah lama mungkin memiliki dapur di belakang rumah, namun karena menambah bangunan baru, posisi dapur tersebut bisa menjadi dapur di tengah rumah.

  • Posisi Rumah di Sudut

Beberapa rumah dengan lahan yang berada di sudut tertentu, biasanya tersisa untuk dijadikan taman belakang atau tanah kosong untuk area bermain anak.

Rumah seperti ini tentu tidak memungkinkan untuk membangun dapur di area belakang, sehingga kemungkinan dapur di tengah rumah adalah yang paling pas untuk rumah seperti ini.

Kekurangan Dapur di Tengah Rumah

Memiliki dapur di tengah rumah ternyata memiliki beberapa kelebihan, terutama untuk rumah-rumah dengan fungsi dan kebutuhan tertentu.

Namun, meletakan posisi dapur di tengah rumah juga dianggap memiliki kekurangan bagi penghuni rumah, seperti :

  • Bau Asap Masakan

Jika dapur di tengah rumah digunakan untuk melakukan aktivitas memasak setiap harinya, maka bisa menimbulkan efek yang kurang nyaman.

Pasalnya, asap dan bau masakan yang sedang diolah bisa menyebar ke area ruangan lainnya. Hal ini cukup membuat tidak nyaman bagi anggota keluarga lainnya.

  • Kurang Bersih

Posisi dapur di tengah rumah juga bisa menyebabkan ruangan lain menjadi kotor. Saat memasak, asap dan bau makanan lama-lama bisa menempel dan membuat ruangan lain menjadi kotor.

Bau asap masakan ini juga menempel di bagian-bagian tertentu, seperti sofa dan kursi di ruangan tamu misalnya.

  • Udara yang Panas

Hal ini mungkin bisa terjadi ketika posisi dapur di tengah rumah tidak menggunakan filter udara secara maksimal.

Hasilnya, udara panas karena memasak menggunakan kompor bisa sampai ke ruangan lain di sekitarnya. Hal ini juga bisa merusak sirkulasi udara di rumah dalam jangka panjang.

Tips Posisi Dapur Ideal

Bagi kamu yang percaya dengan ramalan Feng Shui, posisi dapur di tengah rumah malah dianggap kurang baik dan bersifat negatif. 

Mungkin hal ini terkait dengan kekurangan dapur di tengah rumah. Lalu apa tips posisi dapur yang ideal? Berikut ulasannya:

Dapur Bersih dan Kotor

Rumah minimalis, rumah maksimalis, atau rumah japandi yang ideal adalah yang memiliki dua dapur di dalamnya. 

Satu dapur berfungsi sebagai dapur bersih yang hanya digunakan untuk menyajikan masakan yang sudah jadi tanpa harus mengolahnya di area tersebut. 

Satu lainnya adalah dapur kotor, dimana dapur ini digunakan untuk memasak dan mengolah makanan dari awal hingga siap dihidangkan. 

Jika ingin meletakan dapur di tengah rumah, sebaiknya jadikan sebagai dapur bersih. Dengan begitu, tidak ada bau masakan yang membuat kurang nyaman untuk ruangan lainnya. 

Menjaga Kebersihan

Tidak masalah jika ingin membuat dapur di tengah rumah karena berbagai kebutuhan, seperti pada bangunan rumah makan atau kafe.

Yang sebaiknya dilakukan adalah menjaga kebersihan dapur tersebut, agar tetap bersih dan tidak mengganggu kenyamanan area lain di sekitarnya. 

Bersihkan dapur di tengah rumah secara berkala dengan menggunakan cairan pembersih kotoran sisa minyak dan masakan khusus. 

Ingin membangun dapur bersih dan kotor di rumah minimalis kamu? Atau ingin membuat dapur di tengah rumah yang estetik? Serahkan saja pada tangan ketiga. 

Tangan ketiga adalah jasa renovasi rumah, jasa desain interior rumah, jasa kitchen set murah yang siap memenuhi kebutuhan kamu. Hubungi kami melalui whatsApp sekarang!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *