Tips & Trick

Ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah RISHA, Pertimbangkan Dulu

Rumah RISHA

Ada lagi teknologi bangun rumah dengan lebih cepat, aman, dan terjangkau yaitu rumah instan. Ingin tahu apa kelebihan dan kekurangan rumah Risha sebagai rumah instan ini?

Keinginan untuk memiliki rumah yang nyaman dan low budget sepertinya bukan masalah besar saat ini. Kehadiran rumah instan bisa menjadi alternatif hunian berkualitas dan terjangkau.

Memperkenalkan Rumah RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat) yang baru-baru ini banyak dibangun karena beberapa keunggulannya.

Salah satu hal yang unik terkait dengan rumah instan ini adalah sistem pembangunan yang tidak memerlukan semen dan bata.

Selain itu, proses pembangunan rumah risha ternyata bisa lebih singkat dibandingkan membangun rumah secara konvensional.

Apa itu rumah risha dan seperti apa kelebihan dan kekurangan rumah instan ini, berikut ulasan selengkapnya:

Pengertian Rumah Risha

Rumah risha merupakan sebuah bangunan rumah unggul dengan sistem panel instan.

Artinya, rumah ini dibangun dari beberapa panel yang dibuat dengan sistem modular, menggabungkan panel-panel beton yang sudah dibentuk dengan menggunakan baut.

Banyak orang bertanya apakah rumah risha ini aman untuk dijadikan rumah tinggal? Ternyata rumah risha memiliki struktur yang fleksibel, kuat, dan juga dibangun dalam waktu yang singkat.

Sejak kemunculannya, rumah instan risha ini hingga kini mulai mengalami peningkatan. Masyarakat sepertinya menyukai konsep rumah instan ini, terlebih karena keunggulannya.

Konstruksi panel rumah untuk rumah risha ini juga dilakukan secara terpisah. Panel-panel tersebut dibawa ke lokasi pembangunan dalam kondisi sudah jadi (95%).

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Risha

Sebagai sebuah konsep rumah yang baru, tentunya rumah instan atau rumah risha ini memiliki kelebihan dan kekurangan.

Bagi kamu yang mulai berminat dengan konsep rumah risha yang berkualitas dan jauh lebih hemat ini, berikut kelebihan dan kekurangan rumah risha:

Proses Konstruksi Cepat

Membangun rumah konvensional umumnya akan membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga selesai. Berbeda dengan rumah risha, pengerjaan bisa 40% lebih cepat.

Hal ini karena rumah instan seperti rumah risha memang tidak memerlukan bata dan semen. Yang diperlukan hanya penggabungan panel beton hingga membentuk sebuah bangunan rumah.

Lebih Terjangkau

Salah satu kendala ingin memiliki rumah adalah budget yang cukup tinggi. Namun, rumah risha tampaknya bisa menjadi solusi terbaik.

Kelebihan rumah risha adalah dibangun untuk masyarakat kelas menengah ke bawah. Biaya produksi dan pemasangan tidak akan dibebankan kepada konsumen.

Lebih Ramah Lingkungan

Kelebihan dan kekurangan rumah risha berikutnya adalah lebih ramah lingkungan. Hal ini disebabkan penggunaan kayu yang tidak diperlukan sebagai penyanggah.

Proses konstruksi rumah rishi juga dilakukan secara terpisah, sehingga proses konstruksinya ini bisa lebih ramah lingkungan.

Material-material yang digunakan untuk membuat panel rumah risha juga didapatkan dari bahan-bahan yang aman dan tidak menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. 

Anti Gempa

Bangunan panel rumah instan memang dirancang lebih ringan. Meskipun begitu, tingkat kekuatan nya sangat tinggi dan kokoh.

Material panel beton itu sendiri merupakan produk dalam dunia properti yang diklaim paling aman jika terkena gempa bumi.

Bisa Dibongkar

hanya kelebihan dan kekurangan rumah risha yang satu ini bisa dibilang sangat unik. Rumah instan ini ternyata bisa dengan mudahnya dibongkar.

Hal ini dilakukan karena panel tersebut tidak mengandung bata dan semen yang cenderung berat. Baut yang menggabungkan panel dengan beton ini bisa dibongkar dan dipasang kembali sesuai keinginan.  

Disamping kelebihan tersebut, terdapat beberapa kekurangan rumah risha jika dibandingkan dengan rumah konvensional seperti biasanya, yaitu:

Sebagai sebuah teknologi dalam dunia properti, kehadiran rumah risha tentunya tidak lepas dari kekurangan seperti:

  • Tim pekerja konstruksi terbaik, sebaiknya bangun rumah instan dengan para pekerja yang berpengalaman dalam hal struktur dan desain
  • Jumlah lantai lantai terbatas, rumah risha maksimal hanya boleh dibangun hingga 2 lantai saja
  • Harga satuan akan lebih mahal, karena sistem cetakan panel ini dilakukan secara massal
  • Ukuran denah yang terlalu kaku, hanya mengacu pada kelipatan 1.5 meter dan 3 meter
  • Standar kualitas bangunan rumah risha sama dan sesuai standar
  • Rumah yang tidak cocok untuk ditinggali keluarga besar
  • Konstruksi ketahanan untuk sistem modular mungkin tidak bersifat jangka panjang
  • Jika dibongkar dan terjadi kesalahan dalam pemasangan, bisa menimbulkan cedera
  • Khusus rumah risha berlantai 2, tidak bisa digunakan untuk menyimpan banyak barang berat

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan rumah risha, rumah instan seperti ini tetap diminati sebagian besar orang, terutama untuk properti kelas menengah ke bawah.

Agar rumah risha tampak lebih luas, kita bisa menggunakan dominan warna putih yang cerah sehingga bisa memantulkan cahaya di dalam ruangan.

Ingin membangun rumah konvensional atau rumah instan seperti rumah risha? Segera konsultasikan dengan tanganketiga sekarang melalui whatsApp atau kunjungi website kami.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *