Tips & Trick

8 Rekomendasi Jenis-Jenis Plafon Terbaik untuk Rumah dan Gedung

Jenis-Jenis Plafon Rumah

Ingin mempercantik area langit-langit di rumah? Jenis-jenis plafon berkualitas berikut ini bisa menjadi solusinya. 

Rumah yang indah adalah rumah yang tertata rapi, mulai dari sudut ruangan nya hingga ke area langit-langit rumah tersebut.

Khusus untuk langit-langit rumah, penggunaan plafon bisa menjadikan setiap sudutnya rapi, mewah, elegan, dan nyaman.

Plafon yang tersedia biasanya terdiri dari beberapa material yang bisa disesuaikan dengan konsep rumah atau gedung tertentu.

Mulai dari plafon triplek yang paling terjangkau, plafon GRC yang paling banyak diminati, hingga plafon akustik yang berkualitas tinggi, berikut ini ulasan selengkapnya:

Jenis-Jenis Plafon

Untuk memperindah bagian langit-langit rumah atau gedung, sebaiknya kita memperhatikan beberapa hal penting, agar bisa mendapatkan jenis-jenis plafon yang sesuai.

Mulai dari pemilihan warna yang sesuai konsep bangunan, memperhatikan detail plafon, masalah pencahayaan, hingga kualitas materialnya. Berikut ini jenis-jenis plafon yang direkomendasikan:

Plafon Gypsum

Jenis plafon yang pertama adalah yang terbuat dari gypsum dan merupakan plafon yang populer dan banyak diminati hingga saat ini.

Gypsum memiliki pilihan dan motif yang beragam dan modern untuk rumah minimalis. Dibandingkan triplek, gypsum tentunya memiliki kualitas yang lebih bagus sebagai plafon rumah.

Plafon gypsum juga akan kelihatan sangat rapi ketika sudah dipasangkan menjadi plafon rumah. Jenis-jenis plafon gypsum yang banyak dijual seperti gypsum desert, gypsum elephant, gypsum jayaboard dan lain sebagainya.

Plafon PVC

PVC atau Polyvinyl chloride merupakan salah satu material polimer yang biasanya dibutuhkan untuk pembuatan pipa air. Selain itu, PVC ternyata bisa menjadi material untuk area langit-langit.

Jenis-jenis plafon PVC yang lebih fleksibel banyak digunakan di rumah-rumah, karena keunggulannya yang awet dan anti rayap, juga tidak mudah pecah atau terbelah.

Plafon Kayu

Bagaimana dengan plafon kayu? Ya, jenis-jenis plafon dengan material kayu juga tidak pernah lekang oleh waktu. Hingga kini, plafon kayu masih banyak peminatnya.

Bangunan gedung atau rumah yang menerapkan konsep natural namun elegan, biasanya sangat cocok menggunakan plafon kayu.

Meskipun dari bahan kayu, harga plafon kayu cukup mahal di pasaran. Meskipun begitu, kualitasnya terjamin karena lebih awet dengan tampilan yang natural dan apa adanya.

Plafon GRC

Selanjutnya adalah plafon GRC atau Glassfibre Reinforced Cement yang merupakan material untuk plafon bangunan dari campuran pasir, semen, polimer dan beberapa material lainnya.

Karakter dari plafon GRC ini hampir sama dengan eternity. Untuk pemasangan plafon GRC, biasanya harus dilengkapi dengan rangka besi hollow dengan ukuran yang disesuaikan.

Selain untuk bahan plafon rumah, GRC juga dapat digunakan sebagai pembatas antara dinding tembok di area rumah. Hindarkan air dari plafon GRC karena akan lebih mudah rusak.

Plafon Metal

Kita semua pasti mengetahui, kalau bahan metal merupakan salah satu material plafon terbaik. Pasalnya, material ini banyak keunggulannya.

Mulai dari anti air, tahan lama, anti rayap, anti jamur, dan merupakan material yang sangat kuat. Terbuat dari lempengan metal tipis, kemudian diproses sebelum dicetak menjadi ukuran tertentu.

Plafon Kalsiboard

Para pecinta interior desain mungkin sudah tidak asing dengan jenis-jenis plafon, salah satunya adalah plafon kalsiboard.

Termasuk pada plafon dengan beberapa keunggulan yang dimiliki. Salah satunya adalah tahan lama terhadap kerusakan material oleh serangga dan hama.

Material plafon kalsiboard juga cukup tahan air dibandingkan jenis plafon lainnya. Plafon kalsiboard juga tampak lebih elegan dibandingkan foto model di pabrik Sepatu miliknya.

Plafon Triplek

Sedang mencari jenis-jenis plafon rumah dengan harga yang cukup murah tapi berkualitas? Pilihan plafon triplek pasti sangat direkomendasikan.

Material triplek memang cenderung lebih murah, tergantung tingkat ketebalan yang dipilih. Plafon triplek tentunya sangat layak sebagai bahan plafon bangunan rumah.

Plafon triplek juga lebih ringan, mudah saat pemasangan, dan memiliki warna yang alami seperti warna kayu. Meskipun begitu, plafon triplek tidak tahan api dan mudah rusak saat terkena rembesan air.

Plafon Akustik

Jenis-jenis plafon untuk atap rumah berikutnya adalah plafon akustik. Berbeda dengan jenis plafon sebelumnya, plafon akustik memiliki nilai tinggi dengan tampilan terbaik yang diberikan.

Material plafon akustik ini diketahui mampu meredam kebisingan dan menampilkan estetik pada langit-langit ruangan rumah, kantor dan gedung.

Beberapa tempat hiburan seperti bioskop, studio musik, gedung perkuliahan, bank, hotel, dan sebagainya, banyak menggunakan plafon akustik dibandingkan bangunan rumah biasa.

Jasa Renovasi Rumah Terbaik

Setelah mengetahui jenis-jenis plafon dan hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih plafon untuk langit-langit, saatnya menghubungi jasa renovasi rumah terbaik.

Tanganketiga adalah salah satu jasa renovasi rumah, jasa desain interior, jasa kontraktor, dan toko furniture online terbaik yang bisa dipilih.

Dengan tim yang berpengalaman dan banyaknya portfolio jasa renovasi rumah yang dilakukan, kamu bisa melakukan konsultasi seputar pemilihan jenis-jenis plafon dan renovasi rumah secara gratis. 

Dapatkan juga penawaran menarik, jika kamu melakukan konsultasi sekarang melalui whatsApp kami atau kunjungi website tanganketiga sekarang untuk informasi lebih lengkapnya!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *