Materials

9 Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan untuk Atap Rumah

kelebihan dan kekurangan baja ringan

Apa sih kelebihan dan kekurangan baja ringan dalam konstruksi bangunan? Kabarnya, bahan baja ringan ini sangat populer saat ini, sebagai bahan atap bangunan rumah yang juga tahan lama.

Dalam bidang konstruksi bangunan, baja ringan tentunya bukan hal yang baru. Elemen ini biasanya memang digunakan sebagai rangka atap bangunan untuk rumah-rumah masa kini.

Bukan hanya atap rumah, baja ringan juga biasanya digunakan untuk atap bangunan pabrik, tempat parkir, gudang, dan bangunan lainnya.

Melihat manfaatnya yang begitu penting dalam bidang konstruksi, apa saja kelebihan dan kekurangan baja ringan ini ya? Bagaimana kekuatan baja ringan ini jika digunakan dalam kurun waktu yang lama?

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

Baja ringan merupakan suatu elemen atau material bangunan yang banyak digunakan sebagai bagian atap bangunan setelah disusun dalam bentuk kerangka bangunan atap.

Baja ringan umumnya dibentuk dari bahan dasar campuran yang terdiri dari alumunium dan seng. Baja ringan menjadi yang terdepan dalam hal mutu, bahkan sudah SNI (Standar Nasional Indonesia).

Lalu apa saja kelebihan dan kekurangan baja ringan ini dalam bidang konstruksi, berikut ulasan selengkapnya:

Kelebihan Baja Ringan

1. Mudah dalam Pemasangan

Sesuai dengan namanya, kelebihan baja ringan yang pertama adalah mudah dalam pemasanganya. Hal ini disebabkan karena baja ringan memiliki berat sekitar 9 kg/m2 nya. Sifatnya yang ringan juga memudahkan para pekerja konstruksi ketika memasangnya.

2. Lebih Awet dan Kuat

Meskipun ringan, kelebihan baja ringan lainnya adalah tetap awet dan kuat dibandingkan material atap lainnya.

Bangunan dengan atap baja ringan akan lebih kuat dan awet, karena bahan atap ini tidak mudah berkarat, sekalipun dalam cuaca yang ekstrem.

3. Lebih Mudah Disambung

Selain ringan dan kuat, baja ringan yang dijadikan bahan atap juga lebih mudah disambung dan dibentuk sesuai keinginan.

Bahan baja ringan lebih mudah dipotong mengikuti rangka atap rumah atau bangunan lainnya yang hendak diberikan atapnya. Baja ringan ini juga bisa disambung dengan penghubung baja.

4. Menjadi Rangka yang Lentur

Sebuah baja ringan ternyata memiliki karakter yang lebih lentur, bila dibandingkan jenis atap yang lainnya. Rangka atap baja ringan lentur, sehingga tegangan tariknya lebih tinggi.

5. Material yang Ramah Lingkungan

Elemen baja ringan ternyata merupakan material yang ramah lingkungan. Sisa-sisa potongan baja ringan sebaiknya jangan dibuang terlebih dulu ya.

Material baja seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk membangun konstruksi baru lagi. Hal ini bisa dilakukan karena karakteristik baja yang bisa di daur ulang. 

Baca juga : 9 Gaya Arsitektur Rumah di Indonesia, Mana Pilihanmu?

Kekurangan Baja Ringan

Setelah mengetahui apa saja kelebihan baja ringan, berikut ini beberapa hal yang menjadi kelemahan baja ringan:

1. Harga yang Lebih Mahal

Melihat dari kemajuan mutu yang sudah SNI, kualitas yang ringan tetapi kuat dana wet, maka harganya juga harus sesuai.

Harga baja ringan untuk atap bisa cukup mahal. Namun hal tersebut tergantung dengan merk baja ringan yang dipilih.

2. Tidak Terlalu Tahan Angin

Kelebihan dan kekurangan baja ringan ternyata tidak terlalu kuat terhadap serbuan angin. Saking ringannya, baja ringan bisa saja terbawa arus angin.

Namun, hal tersebut bisa dihindari jika baja ringan yang dipasang ini menggunakan baut saja, agar angin besar tetap bisa masuk tanpa harus menciptakan rasa tidak nyaman untuk ditinggali.

3. Tampilan yang Acak-acakan

Sejatinya, suatu struktur atap bangunan rumah itu harus mampu menampung beban dari atap yang sangat berat. Hal ini baik untuk kekuatan pondasi rumah tersebut.

Menggunakan baja ringan memang kuat, namun jika dilihat dari segi keindahan konstruksinya, kerapatan baja ringan ini tampak acak-acakan.

4. Rentan Roboh

Kelebihan dan kekurangan baja ringan berikutnya adalah lebih rentan roboh. Pasalnya, sistem baja ringan ini berbentuk jaring yang cukup berbahaya jika tidak diperhitungkan dengan benar.

Atap baja ringan bisa rentan roboh jika pihak pekerja gagal menghitung konstruksi atap baja ringannya. Pekerja yang bertugas memasang atap baja ringan sebaiknya harus lebih teliti.

Baca juga : Jasa Pasang Kanopi Baja Ringan di Kuningan

Pertimbangkan Kelebihan dan Kekurangannya  

Penggunaan baja ringan sebagai rangka atap sebuah rumah memang terbukti kekuatan dan tahan lamanya. Namun, kita juga perlu mengetahui apa saja kekurangannya. 

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan baja ringan, kita bisa mempertimbangkan terlebih dulu sebelum memutuskan untuk membuat atap rumah dari baja ringan.

Selain kelebihan dan kekurangan baja ringan tadi, kamu juga perlu memperhitungkan harga baja ringan, agar proses pembangunan atap rumah dan rumah impian kamu bisa lebih cepat.

Membangun rumah impian adalah tentang memilih bahan-bahan material terbaik yang sesuai budget dan dapat dipastikan keawetannya, dengan bertanya ke pihak konsultan bangunan. 

Butuh jasa bangun rumah terbaik di kuningan? Kunjungi website tanganketiga dan dapatkan promo terbaik untuk jasa bangun rumah yang sesuai budget kamu. 

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.