Tips & Trick

Ketahui 7 Ciri-Ciri Rumah Sehat, Bagaimana Rumah Kamu?

Ciri-ciri Rumah Sehat

Seperti apa ciri-ciri rumah sehat itu? Ternyata bukan hanya dilihat dari bangunan rumahnya, tetapi cenderung kepada rumah tersebut layak dihuni atau tidak.

Jika melihat rumah-rumah yang dibangun di zaman modern seperti saat ini, selain desainya yang modern, rumah tersebut tampak layak huni.

Kalau begitu, ciri-ciri rumah sehat adalah rumah dengan berbagai konsep yang selalu mengutamakan kenyamanan dan kebersihan, yang didukung dari konsep rumah itu sendiri.

Sebaliknya, rumah yang tidak layak huni tentunya bukanlah rumah sehat. Rumah dengan kondisi ventilasi yang kurang maksimal, serta lembab mungkin bukanlah rumah sehat.

Lalu seperti apa ciri-ciri rumah sehat itu? Dan bagaimana merawat rumah agar tetap menjadi rumah yang sehat dan nyaman ketika ditinggali, selengkapnya di sini:

Ciri-Ciri Rumah Sehat

Rumah yang sehat itu sejatinya memang diciptakan sejak dalam tahap pembangunan, hingga menjadi sebuah hunian yang layak dan estetik.

Tidak sampai disitu saja, perilaku menjaga kebersihan dari penghuni rumahnya juga dapat memelihara kebersihan dan kesehatan rumah.  Adapun ciri-ciri rumah sehat sebagai berikut:

Kondisi Ventilasi Udara yang Baik

Ciri-ciri rumah sehat yang pertama adalah memiliki ventilasi udara yang baik. Udara dalam rumah seharusnya membuat rumah tidak berdebu dan menjadi sesak.

Ventilasi udara yang baik juga dapat memberikan penerangan di setiap sudut rumah secara alami. Masalahnya, belum semua bangunan rumah memiliki ciri-ciri rumah sehat ini.

Terbebas dari Hewan dan Jamur

Ciri-ciri rumah sehat selanjutnya bisa dilihat dari apakah rumah tersebut sudah bebas dari jamur dan hewan-hewan kotor yang mengganggu.

Kondisi ruangan yang lembab sangat mudah menjadi sumber tumbuhnya jamur pada area tertentu seperti dinding rumah.

Untuk menghindari hal ini, kita bisa menggunakan wallpaper, agar ruangan semakin indah dan jamur tidak akan muncul.

Dengan tidak adanya jamur, maka hewan-hewan pengganggu seperti tikus, kecoa, kalajengking, lalat, bahkan kelabang tentunya enggan masuk ke rumah yang bersih dan sehat.

Ada Tempat Pembuangan Sampah

Sampah biasanya identic dengan kotor dan tidak bersih. Begitu juga dengan ciri-ciri rumah sehat yang seharusnya memiliki tempat sampah khusus.

Idealnya tempat sampah ini harus ada di ruangan dan di luar ruangan. Tempat sampah dapat menampung sisa-sisa makanan hingga benda-benda yang sudah tidak layak digunakan.

Ada baiknya juga untuk memisahkan sampah organic dan anorganik, dengan begitu kita juga mendukung daur ulang yang bermanfaat.

Kondisi Sanitasi yang Baik

Rumah yang sehat adalah yang kondisi sanitasinya baik. Ciri-ciri rumah sehat ini dapat dilihat dari kondisi saluran air yang bebas dari genangan penyebab nyamuk dan penyakit.

Ada Halaman dan Tumbuhan

Ciri-ciri rumah sehat berikutnya ini tentu sangat penting, dimana setiap rumah harus memiliki tanaman dan halaman yang cukup luas.

Halaman rumah biasanya berupa lahan hijau, dimana kita bisa menanam tumbuhan favorit serta bisa menjadi area bermain bagi anak yang cukup nyaman dan aman.

Beberapa jenis pepohonan  mungkin bisa juga ditanam di area tersebut, agar oksigen alami tetap tersedia. Ukuran rumah kecil dengan halaman yang lebih luas adalah pilihan yang tepat.

Alat-Alat Dapur Bersih

Jika kondisi rumah sudah bersih, jangan lupa untuk menciptakan suasana dapur yang bersih juga. Ciri-ciri rumah sehat adalah yang area dapur dan peralatannya bersih.

Biasakan untuk mengeringkan alat-alat masak, makan, dan minum setiap kali selesai dicuci dan dibersihkan.

Bersihkan juga secara berkala area wastafel, kitchen set dapur, hingga setiap sudut area dapur. area dekat kompor juga bisa jadi yang paling kotor dan harus dibersihkan setiap hari.

Kondisi Langit-Langit Terawat

Bagian atap dalam sebuah rumah merupakan pondasi utama, maka dari itu kondisi langit-langit di rumah juga harus diperhatikan.

Perhatikan mulai dari bagian genteng, apakah cocok menggunakan seng, asbes, atau genteng tanah liat biasa. Perhatikan juga ketinggian langit-langit agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Jasa Renovasi Rumah Terbaik

Seperti telah diulas sebelumnya, bahwa rumah yang sehat harus dimulai dari sejak proses pembangunan hingga akhirnya ditempati sebagai hunian untuk tinggal. 

Memperhatikan semua detail ciri-ciri rumah sehat tadi, akan membantu kamu untuk mendirikan hunian yang lebih baik dan lebih sehat untuk ditinggali. 

Tidak perlu bingung jika rumah lama kamu ternyata kurang mendukung ciri-ciri rumah sehat, karena semuanya bisa diperbaiki sekarang oleh jasa renovasi rumah terbaik tanganketiga

Tanganketiga adalah jasa renovasi rumah, jasa bangun rumah, dan jasa interior bangunan berpengalaman dengan beberapa keunggulan. 

Mulai dari proses pengerjaan yang lebih cepat, harga yang cukup terjangkau, dan garansi selama proses pekerjaan dilakukan. 

Melalui jasa renovasi rumah terbaik di Jawa Barat ini, kamu tidak perlu bingung lagi untuk mewujudkan ciri-ciri rumah sehat yang modern dan nyaman pada hunianmu. 

Kunjungi website tangaketiga untuk informasi lebih lanjut atau lakukan konsultasi sekarang melalui whatsApp tanganketiga. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *