Tips & Trick

6 Cara Memilih Lampu Untuk Ruang Tamu yang Tepat

Lampu Ruang Tamu

Seperti apa jenis lampu untuk ruang tamu yang paling bagus dan tepat? Kita harus bisa memilih dan menyesuaikan dengan konsep rumah. Ruang tamu merupakan ruangan utama yang  harus memiliki pencahayaan terbaik agar nyaman saat ditempati.

Lampu untuk ruang tamu tersedia dalam berbagai  model dengan tingkat kecerahan cahaya yang cukup untuk area ruang tamu.

Bagaimana cara memilih lampu untuk ruang tamu yang tepat, sesuai dengan konsep rumah?  berikut ini ulasan selengkapnya:

Tentang Lampu Ruang Tamu

Lampu ruang tamu merupakan pencahayaan atau penerangan yang diletakan di area ruang tamu. Pencahayaan ini didapatkan dari jenis-jenis lampu untuk ruang tamu, yang saat ini banyak dijual di toko furniture modern.

Maraknya konsep rumah minimalis seperti saat ini, banyak menonjolkan bagian desain interior yang sesuai konsep rumahnya.

Sehingga, ruang tamu rumah minimalis kini bukan hanya untuk menerima tamu, tetapi juga harus diperhatikan keindahan dan kenyamanan pencahayaannya.

Hadirnya berbagai jenis lampu untuk ruang tamu menjadi salah satu yang harus diperhatikan. Apalagi, ini terkait dengan penggunaan listrik di rumah tersebut.

Agar kita bisa mengatur dan menyesuaikan jenis lampu untuk ruang tamu yang akan digunakan, dengan daya listrik yang dimiliki, serta konsep rumah, berikut ini cara memilih lampu ruang tamu yang tepat: 

Tips Mempercantik Ruang Tamu dengan Lampu

Setelah selesai memilih lampu ruang tamu yang tepat, saatnya memulai penataan. Penataan lampu ini juga penting untuk menciptakan suasana nyaman dan indah di ruangan tamu tersebut. berikut ini tips mempercantik ruang tamu dengan lampu:

  • Lampu Plafon, jika memilih jenis lampu plafon, maka tempatkan lampu tersebut di tengah plafon, agar bisa menerangi ruang tamu secara keseluruhan
  • Lampu Indirect, lampu lantai sudut seperti lampu indirect ini sebaiknya diletakan di sudut ruangan atau di atas rak agar ruangan lebih bercerita
  • Lampu Gantung, jenis lampu ini sebaiknya digunakan ketika dibutuhkan, misalnya saat ingin duduk santai di ruang tamu, cahaya terangnya bisa sedikit diredupkan.
  • Lampu Sorot, jenis lampu ini sebaiknya digunakan untuk menyoroti atau menerangi suatu objek seni, seperti lukisan atau foto keluarga
  • Lampu LED, sama hal nya seperti lampu sorot, lampu ini cocok untuk menerangi objek benda seni atau dekorasi yang disimpan di area ruang tamu

Cara Memilih Lampu untuk Ruang Tamu

Lampu untuk ruang tamu yang disediakan toko furniture online dan offline sangat beragam. Sebisa mungkin kita memilih lampu yang memang tepat, baik dari segi model dan tingkat penerangan dari lampu tersebut. Berikut ini beberapa cara memilih lampu untuk ruang tamu:

  1. Sesuaikan Konsep Ruangan

Agar mendapatkan lampu untuk ruang tamu yang tepat, sebaiknya sesuaikan dengan konsep ruangannya. 

Misalnya, kamu menggunakan konsep minimalis untuk ruang tamu, maka pilih jenis lampu yang memiliki warna kalem dengan pencahyaan yang lembut dan kontraas.

  1. Buat Suasana yang Berbeda

Kita harus mengetahui fungsi dari pencahayaan suatu ruangan, yaitu fungsi untuk kenyamanan ruangan, menciptakan nuansa dan menambah estetika ruangan. 

Sebaiknya, setiap ruangan memiliki lampu yang sesuai, termasuk lampu untuk ruang tamu, yang memberikan suasana yang berbeda ketika difungsikan.

  1. Perhatikan Posisi Lampu

Penggunaan lampu untuk ruang tamu juga harus memperhatikan posisi penyimpanan lampu tersebut. Pastikan titik dimana pencahayaan ini diletakan akan menunjang fungsi utamanya. 

Misalnya, penggunaan lampu dengan foyer, memiliki fungsi sebagai penerang  ruangan sekaligus “penerima tamu” karena cahayanya hangat dan tampak  mempercantik ruangan.

  1. Ukuran Lampu

Cara memilih lampu untuk ruang tamu berikutnya adalah dengan mengetahui ukuran lampunya. 

Pastikan setiap ruangan, termasuk ruang tamu, dapat kamu sesuaikan ukuran lampunya. 

Lampu kecil biasanya cocok untuk ruangan kamar tidur, sementara lampu berdiri, cocok untuk ditaruh diatas meja ruang tamu dan ruang lainnya. 

  1. Pertimbangkan Budget

Jika ingin mengikuti trend menggunakan lampu untuk ruang tamu yang cantik dan estetik, pertimbangkan juga budget yang diperlukan. 

Harga lampu untuk ruang tamu juga berkisar dari yang paling murah, hingga paling mahal sekaligus. 

  1. Lakukan Perawatan Lampu

Bukan hanya sebagai dekorasi, lampu untuk ruang tamu sebaiknya dirawat agar lebih awet dan selalu bersih. 

Lampu untuk ruang tamu, baik lampu gantung, lampu meja, atau jenis lampu lainnya, rawan terkena debu dan kotoran yang menggumpal. 

Bersihkan lampu secara berkala dengan lap bersih. Pastikan lap yang digunakan terbuat dari bahan yang tidak akan merusak lampu dan komponen lainnya. 

Lampu Estetik dari tanganketiga

Bagaimana, kini kamu sudah cukup tahu bukan, bagaimana cara memilih lampu untuk ruang tamu yang tepat, serta tips menggunakan jenis-jenis lampu untuk ruang tamu, agar bisa lebih menghemat listrik. 

Jika ingin menggunakan jenis-jenis lampu untuk ruang tamu, dengan model yang estetik dan unik, kamu bisa pesan melalui toko furniture online tanganketiga.

Kunjungi website tanganketiga untuk informasi lengkap seputar produk lampu untuk ruang tamu dan jika ingin melakukan order, hubungi WhatsApp kami sekarang!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *