Materials

Mengenal jenis-jenis kayu bahan furniture di tanganketiga

Memiliki furniture di rumah merupakan sebuah kebutuhan primer untuk mengisi hunian. Salah satu kunci sukses untuk memiliki hunian yang nyaman adalah dengan memilih furniture yang sesuai.

Tidak hanya model yang unik dan keren tetapi bahan yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan, terutama pada pemilihan bahan seperti bahan kayu.

Yuk simak dan kenali bahan-bahan kayu untuk furniture yang biasa digunakan tanganketiga!

1. Kayu Jati

Harga mahal sudah identik dengan kayu jati, tetapi juga kualitas tinggi, daya tahan, awet dan kuat. Dengan kelas awet juara, kayu jati juga tahan terhadap jamur, cuaca dan air sekalipun.

Hal ini dikarenakan kandungan minyak pada kayu jati yang cukup tinggi sehingga kekuatannya sangat mendukung untuk dijadikan bahan perabot yang benar-benar bernilai tinggi. Bahkan, jenis kayu yang satu ini juga sering digunakan sebagai meja kantor di ruang direktur perkantoran.

Produk tanganketiga dari kayu jati salah satunya seperti gambar diatas yaitu Asimetrik dinning table, Folding chair dan Slay lounge chair, untuk detailnya bisa dicek di website ya.

2. Kayu Mahoni

Dengan serat kayu yang halus dan beragam, kayu mahoni sering tampil dengan gaya natural dan klasik yang menggoda di tiap perabot yang ada.

Namun, dibandingkan dengan kayu jati, kayu mahoni umumnya lebih murah sehingga menjadi alternatif bahan furniture yang lebih terjangkau.

Kayu mahoni tidak sekuat dan seawet kayu jati. Selain itu, kayu mahoni juga rentan diserang rayap kayu dan mudah berubah terhadap pangaruh cuaca dan hujan. Lebih cocok sebagai bahan perabot indoor.

Produk tanganketiga dari bahan kayu mahoni seperti gambar di atas yaitu  Abkhazia dinning table dan Wood art poster.

3. Kayu Pinus

 

Kayu pinus sering menjadi idola bagi pengrajin perabot karena harganya yang lumayan terjangkayu.

Penampilan jenis kayu ini umumnya terang dan gampang ditimpa dengan warna lain.

Kayu pinus kerap digunakan bersanding dengan jenis kayu lain sebagai solusi pembuatan perabot yang lebih murah. Kayu pinus dikenal juga dengan nama kayu jati Belanda atau kayu bekas palet impor dan merupakan salah satu bahan daur ulang yang sangat favorit.

Produk tanganketiga berbahan kayu pinus diantaranya seperti gambar di atas yakni Tirador bench dan Bianca wardrobe.

4. Kayu Trembesi

Kayu trembesi sekarang banyak dilirik sebagai bahan baku kerajinan dan furnitur pengganti kayu jati. Walau memiliki sejumlah kelemahan dibanding jati, namun teksturnya yang unik membuat kayu ini bisa diolah menjadi produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Kayu trembesi bisa menjadi alternatif bahan baku furnitur menggantikan kayu jati.

Produk tanganketiga dari bahan kayu trembersi diantaranya Wood slab dinning table dan Skive shelf seperti gambar di atas.

5. Plywood

Plywood adalah kayu olahan pabrik yang berbahan dasar dari lapisan-lapisan kayu yang ditumpuk berlapis-lapis. Maka dari itu plywood disebut dengan kayu lapis.

Plywood adalah bahan umum yang sering digunakan dalam pembuatan furniture terutama untuk furniture di dalam ruangan yang terlindung dari panas dan hujan.

Karena kulalitas yang lebih baik dibandingkan kayu olahan lainnya, maka harganya lebih mahal dibandingkan dengan yang lain.

Produk tanganketiga berbahan plywood diantaranya seperti gambar di atas yaitu Arbiten table dan  Alphabet wood shelf.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *