Stories

Mengenal Jenis-Jenis Meja

Menurut Wikipedia Meja adalah sebuah mebel atau perabotan yang memiliki permukaan datar dan kaki-kaki sebagai penyangga, yang bentuk dan fungsinya bermacam-macam. Meja sering dipakai untuk menaruh barang atau makanan. Meja umumnya dipasangkan dengan kursi atau bangku.

Dilihat dari fungisnya meja dapat dikategorikan menjadi:

  • Coffee Table

Coffee table adalah sebuah meja kecil yang biasanya diletakan di ruang tamu atau ruang keluarga, dan fungsinya sebagai tempat meletakan minuman atau makanan kecil pada saat bercengkerama dengan keluarga maupun tamu sambil minum kopi atau teh.

Diletakan di antara sofa dan obyek furnitur lainnya, coffee table dapat menjadi pusat perhatian dari desain interior ruang tamu atau ruang keluarga Anda. Benda yang satu ini cenderung diletakkan di tengah ruangan dan dikelilingi oleh furnitur lainnya.

 

  • Console Table

Console table/Meja konsol adalah meja yang permukaan atasnya ditopang oleh corbels atau kurung bukan oleh empat kaki yang biasa. Dengan demikian mirip dengan rak yang didukung dan tidak dirancang untuk berfungsi sebagai permukaan yang berdiri sendiri.

 

  • Dining Table/Meja Makan

Sesuai namanya dining table/meja makan adalah sebuah perabotan rumah tangga (meja) yang digunakan untuk menyajikan makanan.

 

  • Side Table/Meja Sisi

Meja sisi/side table berfungsi sebagai meja cadangan yang memback-up meja tamu, meningkatkan fungsi sebuah ruangan sekaligus memberi aksen padadekorasi interior ruangan. Side table bisa dimanfaatkan untuk meletakan lampu, aksesories, tempat kunci dan benda-benda kecil lainnya yang ingin ditampilkan pada sebuah ruangan.

 

  • Working Table/Meja Kerja

Meja kerja adalah meja kokoh tempat pekerjaan manual dilakukan. Mulai dari permukaan datar sederhana hingga desain yang sangat kompleks yang dapat dianggap sebagai alat dalam dirinya sendiri.

 

  • Bar table

Bar table adalah salah satu tipe meja khusus dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Didesain tinggi
    2. Biasanya didampingi dengan bar stool atau kursi bar yang juga tinggi
    3. Ukuran beragam, tapi secara umum memiliki bentuk memanjang
    4. Beberapa di antaranya memiliki bagian depan dan belakang, sedangkan sebagian yang lain tidak
    5. Permukaan tidak lebar

Walaupun namanya bar table tapi dewasa ini meja jenis ini sudah banyak digunakan di berbagai dapur milik pribadi. Fungsinya memang tak semaksimal meja makan. Tetapi ia bisa digunakan untuk sekedar mengambil camilan di dapur atau menemani anggota keluarga yang sedang memasak.

 

Itulah beberapa kategori meja yang biasa kami kerjakan di tanganketiga. Pemilihan sebuah meja sangat bergantung pada fungsi dan tujuan dari meja tersebut. Diharapkan setelah membaca artikel ini teman-teman tidak lagi bingung untuk menentukan akan memilih meja jenis apa.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, have a nice day.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *