Stories

Penyakit yang Bisa Menyerang Akibat Furniture Kotor

Penyakit yang Bisa Menyerang Akibat Furniture Kotor

Furniture yang kotor, tentu harus segera kamu bersihkan. Jangan sampai kamu tidak pernah membersihkannya. Namun, memang terkadang debu tidak terlihat dengan jelas. Akibatnya, kamu abai terhadap debu-debu yang menempel. Padahal sebenarnya furniture yang kotor bisa membuatmu mengalami beberapa penyakit lho. Yuk, simak apa saja penyakitnya berikut ini.

1.Pernapasan Terganggu
Saat pertama kali beli furniture, mungkin penampilannya akan bersih. Namun kalau kamu sudah menggunakannya dalam waktu lama, tentu harus selalu membersihkannya. Jangan sampai kamu mengabaikan kebersihannya. Bisa-bisa debu yang menempel akan membuat pernapasanmu terganggu. Pernapasan terganggu ini bisa menyebabkan kamu sakit sesak napas, flu, batuk, dan masih banyak lagi.

2. Kulit Menjadi Gatal
Furniture kotor yang bersentuhan dengan kulit akan menimbulkan penyakit yang sulit disembuhkan. Jika kamu sekeluarga ingin terbebas dari penyakit kulit, sebaiknya kamu membersihkan furniture kotor secara teratur sehingga proses pengobatan bisa memberikan hasil efektif dalam waktu singkat. Jangan sampai furniture yang kotor mengganggu aktivitasmu sehari-hari.

3. Menyerang Pencernaan
Anak-anak usai balita memiliki kebiasaan memasukkan benda apa pun ke mulutnya. Kebiasaan ini rentan menimbulkan penyakit bila ada perabot kotor di rumah kamu. Barang-barang yang diletakkan di atas furniture tidak bersih biasanya sudah terkontaminasi debu, mikroorganisme, dan kotoran lainnya. Kotoran dan mikroorganisme yang tak sengaja masuk ke mulut anak bisa menyebabkan gangguan pencernaan yang berujung pada risiko infeksi. Kecenderungan inilah yang membuat kamu harus lebih rajin membersihkan furniture jika masih memiliki anak-anak dirumah.

4. Pilek
Mikroorganisme penyebab pilek dapat bersarang pada furniture yang kotor. Saat kamu atau anggota keluarga menyentuh furniture kotor tersebut, mikroorganisme penyebab penyakit semakin mudah masuk ke tubuh. Wabah pilek yang menular di rumah pun jadi tak dapat dihindari lagi. Meskipun penyakit ini terbilang ringan, tetap saja kamu harus lekas mengatasinya secara tepat dan membersihkan furniture kotor agar tak menjadi sumber penyakit lagi.

5. Menyebabkan Stres
Belum banyak yang mengetahui jika furniture yang kotor bisa menyebabkan stres. Terkadang ketika melihat furniture terlalu kotor, kamu jadi sakit kepala memikirkan cara untuk membersihkannya. Lebih parahnya lagi, stres yang tidak ditangani dengan benar dapat memicu berbagai penyakit seperti gangguan sistem pencernaan dan gangguan tidur (insomnia). Furniture yang bersih sangat penting untuk mendukung aktivitas kamu sekeluarga selama berada di rumah.

6. Kawasaki Syndrome
Penyakit yang satu ini awalnya ditemukan oleh para dokter di Jepang. Kawasaki Syndrome adalah kondisi infeksi paru-paru akibat bakteri dan paparan zat kimia. Biasanya syndrome ini dialami oleh anak berusia satu hingga dua tahun dan tidak menular. Pada tahap ringan, kawasaki syndrome akan menyebabkan anak demam, ruam-ruam kulit, dan bibir kering. Sedangkan kondisi yang lebih parah bisa menyerang kelenjar getah bening dan jantung hingga menyebabkan cacat dan meningkatkan risiko kematian.

Mulai sekarang, kamu harus lebih waspada terhadap ancaman penyakit yang bisa muncul akibat furniture kotor. Jangan tunggu sampai kamu sekeluarga sakit, bergegaslah membersihkan furniture secara teratur agar rumah jadi lebih sehat dan nyaman.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.