Materials

Plus Minus Penggunaan Furniture Kayu

Hampir setiap rumah pasti memiliki furniture yang terbuat dari kayu, entah itu meja, kursi, hingga lemari. Furniture kayu memang memiliki banyak kelebihan, sehingga banyak digunakan untuk interior hunian.
Namun, di balik kepopulerannya tersebut, furniture kayu juga memiliki kekurangannya sendiri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan furniture kayu, kamu pun dapat mempertimbangkan baik-baik sebelum memutuskan untuk membelinya.
Dilansir dari Momsmoney.id, berikut poin plus dan minus dari penggunaan furniture kayu di rumah.

Kelebihan Furniture Kayu

1. Kuat dan tahan lama.
Salah satu alasan utama banyak orang menyukai furniture kayu adalah sifatnya yang sangat kuat dan tahan lama, bahkan hingga bertahun-tahun.
2. Berkualitas tinggi.
Sedikit berhubungan dengan poin sebelumnya, furniture kayu biasanya memiliki kualitas yang tinggi. Walaupun hal ini menyebabkan harga furniture kayu menjadi cukup mahal, tapi keawetannya membuat kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk membeli furniture baru selama bertahun-tahun.
3. Perawatan yang mudah.
Pada dasarnya, perawatan furniture kayu cukup mudah. Kamu hanya perlu sesekali membersihkannya dari debu, serta mengelapnya dengan air tanpa cairan pembersih khusus. Kamu hanya perlu memastikan furniture kayu tidak terkena kelembapan berlebih, sinar matahari, atau goresan benda tajam.
4. Fleksibel.
Selain kuat dan tahan lama, furniture kayu banyak disukai karena sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk gaya interior apa saja, mulai dari tradisional hingga minimalis. Bahkan, beberapa jenis furniture kayu juga cocok untuk area outdoor.

Kekurangan furniture kayu

1. Rentan terhadap air.
Beberapa jenis kayu seperti kayu jati memang memiliki ketahanan yang tinggi terhadap air. Namun, pada dasarnya kamu tetap tidak boleh membiarkan furniture kayu terkena air atau kelembapan yang berlebih. Sebab, air dan kelembapan yang meresap ke dalam furniture kayu bisa merusak lapisan pada permukaan kayu dan membuatnya lapuk.
2. Mudah pudar jika terkena sinar matahari.
Selain air dan kelembapan, sinar matahari juga merupakan musuh utama yang dapat mengurangi keindahan furniture kayu. Pasalnya, sinar matahari mengandung sinar UV yang dapat memecah komponen kimia di dalam kayu dan membuat warnanya pudar.
3. Permukaannya mudah tergores.
Kayu merupakan bahan yang sangat mudah tergores, baik oleh kotoran, gesekan, maupun goresan benda tajam. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat memperlakukan furniture kayu. Hindari menggeser furniture kayu atau menggunakan benda tajam di atas permukaannya.
4. Mudah terbakar.
Karena merupakan bahan alami, kayu sangat rentan terhadap api sehingga mudah terbakar. Jika tidak sengaja terbakar, bekasnya pun sulit dihilangkan sehingga akan mengurangi tampilan furniture kayu itu sendiri.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan furniture kayu yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *