Tips & Trick

Pilih Kusen Kayu atau Alumunium? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kusen Kayu atau Alumunium

Kamu lebih menyukai kusen kayu atau alumunium untuk rumahmu? Kedua jenis kusen ini memang populer dan banyak dipilih sebagai bahan dasar pembuatan jendela atau pintu suatu bangunan.

Namun, keduanya tentu memiliki perbedaan, baik dari segi kualitas, material bahan dan lain sebagainnya.

Rumah-rumah zaman dulu biasanya banyak menggunakan bahan kusen kayu sebagai bagian dinding untuk jendela dan pintu bangunan.

Sementara kusen aluminium dengan bahan yang jauh lebih ringan, saat ini banyak digunakan untuk membangun rumah-rumah minimalis modern. Jadi lebih baik pilih yang mana ya?

Kusen Adalah

Kusen merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakan daun pintu juga untuk memasang jendela.

Kusen dalam suatu bangunan memiliki fungsi sebagai tempat untuk meletakan daun pintu serta daun jendela. Kusen juga berfungsi sebagai penyekat dinding bangunan atau pemisah ruangan.

Karena fungsinya tersebut yang cukup vital dalam sebuah bangunan, maka pemasangan kusen sebaiknya dilakukan dengan benar.

Kusen Kayu dan Alumunium

Dalam dunia konstruksi, beberapa jenis kusen yang sering digunakan seperti kusen fiberglass, kusen uPVC, kusen cor, kusen aluminium dan kusen kayu. 

Dari beberapa jenis kusen yang sering digunakan tersebut, dua diantaranya adalah jenis kusen yang paling populer yaitu  kusen kayu dan kusen aluminium.

Kedua jenis kusen ini tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tinggal kita memilih, kusen kayu atau alumunium yang sesuai dengan konsep rumah yang kita inginkan. 

Kusen Kayu

Kusen kayu banyak dipilih karena memiliki ketahanan yang tinggi. Selain itu, bahan dasar kayu dapat menampilkan kesan yang alami dan bisa mempercantik ruangan sekitarnya.

Kusen kayu juga tahan terhadap pengaruh cuaca dan memiliki nilai tinggi sebagai penyekat panas terbaik dalam dinding ruangan.

Kusen kayu juga fleksibel, karena dapat digunakan dalam variasi bentuk untuk rumah tradisional hingga rumah modern zaman sekarang.

Meskipun begitu, kusen kayu memiliki kelemahan yaitu mudah dimakan serangga seperti rayap. Namun, hal tersebut masih bisa diatasi dengan melapisi cairan anti rayap pada kusen kayu sebelum dipasang.

Agar bisa tahan lama dan lebih awet, kusen kayu juga harus dilakukan perawatan secara berkala dengan melapisi cat pada kusen kayu tersebut.

Jika kamu ingin memilih kusen kayu, sebaiknya pilihlah yang terbuat dari jenis kayu yang keras seperti kayu jati, kayu Mahoni, kayu kamper dan lain sebagainnya.

Kusen kayu malah lebih fleksibel dalam hal bentuk dan variasinya. Kusen kayu dapat dibentuk melengkung atau lurus sesuai kebutuhan.

Kusen Alumunium

Kusen kayu atau alumunium memang tergantung keinginan penggunanya. Jika kamu merasa kesulitan untuk memasang kusen kayu dan ingin sesuatu yang tampak lebih modern? Kusen alumunium bisa menjadi solusinya.

Kusen dari bahan alumunium ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan juga. Berbicara kelebihannya, kusen aluminium tentunya anti air, anti rayap, anti keropos dan memiliki bobot yang ringan dibandingkan kusen kayu dan jenis kusen lainnya.

Kusen aluminium tidak akan menyusut seperti hal nya kusen kayu yang menyusut atau berubah seiring perubahan cuaca. 

Saat akan dipasang, kusen aluminium biasanya menjadi kuat menempel pada dinding karena menggunakan sekrup. Maka dari itu, kusen jenis ringan ini harus dipasang sangat rapi.

Kusen aluminium ternyata bukan hanya digunakan sebagai kusen jendela pada dinding rumah, tapi juga biasa digunakan dalam pembuatan gerobak atau kitchen set untuk dapur.

Harga Kusen Kayu dan Alumunium 

Kusen kayu atau alumunium mungkin bisa juga dibandingkan dari segi harganya. Kusen aluminum diketahui dibuat dengan proses yang lebih mudah, sehingga dijual lebih murah.

Rata-rata harga kusen aluminium di pasaran dijual Rp. 75.000 , sedangkan harga kusen kayu itu bisa mencapai Rp. 150.000.

Sementara harga kusen kayu cenderung dijual lebih mahal karena proses pembuatan yang cukup sulit, begitu juga perawatanya.

Serahkan Pemilihan Kusen Pada Jasa Kontraktor

Jadi lebih memilih kusen kayu atau alumunium? Kalau masih bingung, sebaiknya konsultasikan saja bersama jasa kontraktor atau jasa arsitek terpercaya, seperti tanganketiga.

Tanganketiga adalah perusahaan yang menawarkan jasa desain interior, eksterior, jasa renovasi rumah, hingga jasa kontraktor terbaik di Kuningan dan sekitarnya. 

Jasa kontraktor kami akan membantu kamu dalam menentukan jenis kusen mana yang terbaik untuk rumah impianmu. 

Selain itu, kamu juga bisa sekaligus memilih desain interior atau eksterior dengan memilih paket desain yang sudah disediakan sesuai budget yang dimiliki. 

Mewujudkan rumah impian dengan jenis kusen kayu atau alumunium terbaik yang digunakan, kini bukan masalah lagi karena tanganketiga akan membantu mengatasinya. 

Kunjungi website tanganketiga untuk informasi lebih lengkap atau konsultasikan pilihan kusen kayu atau alumunium untuk bangunan rumah ke whatsapp tanganketiga sekarang!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *