Materials

4 Keunggulan Genteng Tanah Liat Dibandingkan Jenis Genteng Lainnya!

Genteng Tanah Liat

Sebelum era rumah minimalis viral, keunggulan genteng tanah liat menjadi alasan kenapa banyak bangunan rumah di Indonesia menggunakan jenis genteng yang satu ini.

Genteng rumah sebagai fondasi atau bagian luar rumah, mampu melindungi kita dari panas dan hujan, serta meneduhkan bangunan rumah tempat tinggal kita.

Genteng tanah liat merupakan genteng yang banyak digunakan oleh mayoritas bangunan rumah di negara kita. Lantas apa keunggulan genteng tanah liat dibandingkan jenis genteng lainnya?

Mengenal Genteng Tanah Liat

Hingga saat ini, masih banyak bangunan rumah yang masih menggunakan genteng tanah liat sebagai penutup atap bangunanya. Lalu apa genteng tanah liat ini?

Genteng tanah liat adalah suatu genteng yang dibuat untuk melindungi sebuah bangunan, dari hujan dan teriknya sinar matahari. 

Genteng tanah liat biasanya dipasang dengan cara dipaku di area rangka atap rumah atau bangunan. Genteng jenis ini paling populer sebagai jenis genteng rumah unggulan di Indonesia. 

Sejarah mencatat bahwa pertama kali genteng tanah liat ditemukan, benda ini memiliki ukuran sekitar 265 mm x 165 mm dengan kemunculan di dekat patung tahun 1477 selama Raja Edward IV memerintah. 

Awalnya, genteng ini dibuat dari batu-bata merah, namun genteng jenis ini juga sudah ada yang terbuat dari beton saat ini. 

Genteng tanah liat juga menghasilkan warna yang berasal dari pengaturan udara dari tungku, sehingga warnanya terkadang merah, biru, atau cokelat tergantung dari suhu tungku tersebut.

Keunggulan Genteng Tanah Liat

Sesuai dengan namanya, genteng tanah liat yang terbuat dari batu bata merah ini kemudian dipadatkan dan dibentuk menjadi bentuk genteng seperti yang biasa kita lihat pada bangunan rumah sekitar kita.

Setelah dibentuk, tanah liat tadi kemudian dibakar sekaligus dikeringkan secara langsung di bawah sinar matahari. Setelah kering, genteng tanah liat sudah siap dijual dan digunakan.

Meskipun dibuat secara tradisional, apa sih keunggulan genteng tanah liat ini dibandingkan dengan jenis genteng lain seperti genteng kaca atau genteng aspal, berikut ulasannya:

Harga Lebih Murah

Keunggulan genteng tanah liat yang pertama adalah harga yang lebih terjangkau dibandingkan jenis genteng lainnya.

Harga genteng yang murah tentunya bisa menekan budget ketika kita hendak membangun sebuah rumah. Selain itu, genteng tanah liat juga cukup mudah didapatkan.

Tangguh dan Tahan Cuaca

Bahan tanah liat yang menjadi bahan dasar pembuat genteng tanah liat ini terbukti tangguh untuk menahan beban, sehingga cocok digunakan sebagai desain utama atap rumah kita.

Meskipun hujan dan panas terik melanda bangunan yang menggunakan genteng tanah liat ini, atap bangunan akan tetap terlindungi dengan maksimal, terlebih jika pemasangan dilakukan dengan benar.

Menyejukan Rumah dan Tahan Lama

Sebagian rumah yang menggunakan atap genteng tanah liat, tidak menyerap panas matahari. Itulah sebabnya keunggulan genteng tanah liat ini bersifat melindungi dan menyejukan bangunan rumah.

Selain itu, genteng tanah liat juga lebih tahan lama, meskipun digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Jenis genteng ini bahkan tidak mudah busuk dan rusak, meskipun ada serangga hingga terlalap api sekalipun. Kecuali dalam kasus kebakaran yang memunculkan banyak api ya.

Bersifat Ramah Lingkungan 

Keunggulan genteng tanah liat berikutnya adalah sifatnya yang lebih ramah lingkungan. Genteng tradisional ini terbuat dari bahan baku alami, yaitu dari tanah liat yang terbuat dari batu bata merah.

Kandungan bahan baku alami ini tentunya tidak tercampur oleh bahan kimia yang berbahaya. Pembuatan genteng tanah liat juga dilakukan secara manual.  

Kelemahan Genteng Tanah Liat

Meskipun keunggulan genteng tanah liat cukup banyak, jenis genteng untuk rumah tradisional ini ternyata memiliki sejumlah kelemahan dibandingkan jenis genteng lainnya. 

Beberapa kekurangan genteng tanah liat diantaranya rentan mengalami keretakan, pemasangannya yang cukup sulit, hingga mudah berubah warna di cuaca yang ekstrim.

Model dan Harga Genteng Tanah Liat

Tertarik untuk menggunakan jenis genteng tanah liat sebagai atap rumah impianmu? Kamu bisa memilih berdasarkan model dan harga genteng tanah liat yang tersedia saat ini.

Beberapa model genteng tanah liat yang tersedia seperti model atap ukir, model atap reflektif, model atap perisai, model atap melengkung, dana tap lapis cat.

Adapun harga genteng tanah liat murah dibanderol dari harga Rp 1.000 hingga Rp 2.300 per buahnya. Kamu hanya tinggal menyesuaikan berapa banyak genteng tanah liat yang dibutuhkan.  

Demikian informasi tentang keunggulan genteng tanah liat, jika dibandingkan dengan jenis genteng lainnya untuk membuat atap rumah yang diinginkan. 

Meskipun jarang digunakan untuk bangunan rumah modern, seperti rumah minimalis, keunggulan genteng tanah liat ini tentunya masih dipertahankan bagi beberapa bangunan rumah hingga saat ini. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.