Materials

Jenis-jenis Batu Alam yang Bikin Dekorasi Rumah Lebih Indah!

Jenis Batu Alam

Rumah tanpa dekorasi yang cantik sepertinya kurang lengkap. jenis-jenis batu alam menjadi salah satu pilihan untuk tampilan dekorasi rumah yang lebih indah. 

Batu alam biasanya menjadi bagian yang memperindah interior dan eksterior sebuah rumah. jenis-jenis batu alam seperti batu marmer, batu granit, hingga batu candi adalah pilihan yang bagus. 

Menggunakan jenis-jenis batu alam sebagai dekorasi rumah ternyata tidak lepas dan kekurangan dan kelebihannya, berikut ulasan selengkapnya:

Kelebihan dan Kekurangan Batu Alam

Batu alam merupakan batu yang asalnya dari proses alami yang terjadi di alam. Batu ini banyak digunakan dalam industri konstruksi bangunan. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:

Kelebihan Batu Alam

  • Batu yang tampak elegan, mewah, dan natural
  • jenis-jenis batu alam rata-rata memiliki ketahanan yang bagus dan tidak mudah rusak
  • Memiliki ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
  • Dekorasi rumah yang membuat tampilan rumah lebih indah, nyaman, dan sejuk.  

Kekurangan Batu Alam

  • Warna jenis-jenis batu alam mengalami proses pembuatan yang alami, namun warnanya berbeda beda
  • Diperlukan pelapis ketika menggunakannya, agar tidak mudah rusak dan berlumut
  • jenis-jenis batu alam tergolong berat dan cukup repot saat diaplikasikan
  • Harga jenis-jenis batu alam lebih mahal dibandingkan keramik biasa

Jenis-jenis batu Alam untuk Dekorasi Rumah

Setelah mengetahui kelebihan dan kelemahan dari jenis-jenis batu alam tadi, saatnya kita mengetahui rekomendasi batu alam yang cocok untuk dekorasi rumah yang cantik:

Batu Marmer

jenis-jenis batu alam yang pertama adalah batu marmer yang memiliki warna soft dan corak khusus. Batu ala mini biasanya digunakan sebagai interior dinding ruangan khusus.

Marmer juga digunakan sebagai bahan untuk lantai. Beberapa bangunan yang menggunakan material ini untuk menampilkan kesan yang mewah dan elegan.

Jika ingin menggunakan jenis-jenis batu alam seperti marmer, sebaiknya hanya dipasang untuk interior ruangan saja. Marmer akan mudah rusak karena sensitif terhadap suhu dan udara, jika digunakan untuk eksterior.

Batu Andesit

Batu alam yang satu ini juga menjadi salah satu jenis-jenis batu alam yang banyak digunakan masyarakat kita sebagai dekorasi rumahnya.

Batu andesit memiliki kelebihan yaitu lebih awet dan tahan lama saat digunakan. Bahan dasar pembentuknya adalah bahan vulkanik yang membeku dan bertekstur padat serta keras.

Beberapa interior rumah minimalis saat ini, juga banyak yang menggunakan jenis-jenis batu ala mini sebagai dekorasi rumah, dengan warna hitam atau abu-abu yang dominan.

Batu Palimanan

Batu palimanan yang asalnya dari Cirebon ini, juga menjadi salah satu batu alam untuk dekorasi rumah yang cantik. Area taman rumah biasanya banyak menggunakan jenis-jenis batu alam ini.

Ciri ciri yang menonjol dari batu Palimanan adalah warna batu yang terang dengan pori-pori yang besar. Jika memasang batu ini sebaiknya dilapisi kembali dengan coating agar tidak berlumut.

Batu Templek

Batu templek merupakan jenis-jenis batu alam yang berasal dari wilayah Garut dan Purwakarta. Kita juga sering menjumpai batu templek sebagai pelapis dinding eksterior rumah yang teksturnya keras dan padat.

Batu templek juga tahan terhadap perubahan cuaca, sehingga tidak mudah rusak dan tidak mudah berlumut. Meskipun begitu, batu templek cukup sulit dipasang, kecuali oleh professional khusus. 

Batu Candi

Jenis-jenis batu alam lainnya adalah batu candi. Batu ini tidak ada kaitannya dengan bangunan candi zaman dulu ya, hanya saja bentuk dan warnanya mirip area dinding candi.

jenis-jenis batu alam seperti ini lebih mudah dirawat dibandingkan batu dekorasi rumah lainnya. Bagian interior rumah banyak menggunakan batu candi karena memberikan efek sejuk.

Batu Granit

Selintas mirip dengan batu marmer, batu granit memiliki bentuk yang lebih kecil dengan pori-pori yang kecil juga. jenis-jenis batu alami ini tidak mudah kotor dan tampak selalu bersih.

Batu granit juga lebih tahan perubahan cuaca dan banyak digunakan sebagai pelapis dinding rumah juga lantai rumah. Corak batu granit juga memiliki daya tarik tersendiri, sehingga bisa disesuaikan keinginan.   

Pilih Batu Alam yang Sesuai Konsep Rumah

Jika ingin menerapkan interior atau eksterior berupa jenis-jenis batu alam tadi, sebaiknya kamu sesuaikan dengan konsep rumah atau bangunan yang dipilih. 

Jika memilih konsep rumah minimalis, maka batu templek dan batu andesit bisa dipilih sebagai dekorasi eksterior rumah minimalis kamu. Jangan khawatir soal pemasangannya, karena melalui jasa arsitektur rumah, kamu akan dibantu.

Jasa arsitektur rumah akan membantu kamu dalam hal menerapkan konsep rumah, interior dan eksterior desain, hingga pemasangan jenis-jenis batu alam tadi oleh profesional khusus. 

Bagi yang berdomisili di Kuningan Jawa Barat, jasa arsitek tanganketiga dapat membantu kamu yang sedang ingin membangun rumah dengan menerapkan jenis-jenis batu alam tadi.

Silahkan mengunjungi website tanganketiga untuk informasi lebih lengkap atau berkonsultasi secara langsung via WhatsApp sekarang juga!

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.