Tips & Trick

9 Poin Penting Saat Mengontrak Rumah, Wajib Tahu!

Mengontrak Rumah

Mengontrak rumah adalah salah satu cara termudah untuk bisa tinggal di rumah yang kita inginkan. Kegiatan ini juga tidak seribet kita membeli rumah baru atau beli rumah bekas.

Hingga saat ini, mengontrak rumah masih menjadi pilihan utama bagi sebagian orang yang belum memiliki cukup uang untuk membeli rumah sendiri.

Jika kamu sedang ingin mengontrak rumah saat ini, jangan terburu-buru ya, ada beberapa hal penting yang sebaiknya kamu perhatikan terlebih dulu.

Perhatikan Ini Sebelum Mengontrak Rumah

Sebelum memutuskan untuk mengontrak rumah, kita tentu ingin mendapatkan rumah sewa terbaik yang nyaman, aman dan sesuai budget.

Oleh sebab itu, kita perlu memperhatikan beberapa hal penting terkait mengontrak rumah, agar kita tidak mendapatkan masalah ketika sudah mengontrak rumah nanti. Berikut ulasan selengkapnya:

Survey Lokasi Langsung

Mungkin kamu telah melihat iklan rumah dikontrakan, melalui social media atau media cetak. Untuk memastikannya, datanglah langsung ke lokasi tersebut untuk melakukan survey.

Dengan mensurvey langsung, kita bisa mengetahui bagaimana kondisi rumah dikontrakan tersebut, mulai dari keadaan lingkungan sekitar, peralatannya, kondisi rumah, dan lain sebagainnya.

Kamu juga bisa menilai dan menentukan, seberapa aman tinggal di kawasan rumah sewa tersebut. Lihat juga lokasinya apakah rentan terkena bencana alam, bagaimana juga tingkat keamanan di lokasi tersebut.

Meminta Kontak

Setelah melakukan survey secara langsung, jangan lupa untuk meminta nomor kontak dari pemilik rumah sewa tersebut.

Hal ini akan memudahkan kamu nanti, saat sudah mengontrak rumah. Misalnya, ketika ada kerusakan rumah terjadi atau kondisi listrik di rumah sewa yang bermasalah.

Ketahui Identitas Pemilik Rumah

Ketika akan mengontrak rumah, mungkin kita akan dimintai beberapa data berupa identitas diri. Agar sama-sama yakin dan nyaman, kamu juga harus mengetahui identitas dari pemilik rumah dikontrakan tersebut.

Identitas diri yang dimaksud seperti nama lengkap pemilik, nomor telepon, KTP, usia, pekerjaan, dan lain sebagainnya.

Pastikan Harga Sewa dan Masa Kontraknya

Mengontrak rumah adalah tentang berapa lama kita akan tinggal dan berapa harga sewa rumah dikontrakan tersebut. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui kedua hal tersebut dengan jelas.

Lakukan kesepakatan antara pihak pemilik rumah sewa dengan kamu, agar kalian terhindar dari pengusiran sepihak yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Biasanya, aka nada surat kontrak terkait mengontrak rumah, dengan penjelasan yang cukup detail mengenai harga sewa dan masa kontraknya.

Sebagai penyewa, pastikan bahwa kamu tidak akan dirugikan, hanya karena terjadi kelalaian saat di awal perjanjian dengan pihak pemilik rumah sewa terkait.

Baca juga : Pilih Rumah atau Apartemen Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya Dulu!

Pastikan Cara Pembayaran

Kamu yang memilih untuk mengontrak rumah juga harus memastikan bagaimana cara pembayaran rumah sewa tersebut. Cara pembayaran ini juga harus disepakati kedua belah pihak.

Kamu sebagai pihak penyewa, harus mentaati beberapa langkah pembayaran yang sudah disepakati. Adapun pihak pemilik rumah, tidak boleh menagih uang sewa jika belum waktunya.

Tanyakan juga mengenai biaya lainnya atau biaya tambahan yang mungkin harus kamu keluarkan ketika mengontrak rumah tersebut. Ada baiknya membayar sewa per bulan dulu di awal mengontrak rumah.

Perawatan Rumah

Masalah utama dalam mengontrak rumah, seperti mengetahui harga sewa dan masa kontrak sudah selesai. Tetapi, jangan lupa juga untuk berdiskusi masalah perawatan rumah sewa kedepannya.

Tanyakan kepada pihak pemilik rumah, apakah perawatan rumah akan dilakukan oleh mereka atau pihak kita sebagai penyewa rumah.

Tanyakan soal perawatan dini dengan lebih detail. Tanyakan apakah boleh membuat atau memasang paku di tembok, boleh mengecat atau mengganti warna tembok dan lain sebagainnya.

Saatnya Membandingkan

Ketika melakukan survey lokasi, mungkin kamu tidak hanya mendatangi satu lokasi saja, tetapi juga lokasi rumah sewa lainnya.

Dengan begitu, kamu bisa membandingkan terlebih dulu, rumah sewa mana yang paling baik dan yang paling sesuai dengan budget.

Untuk membandingkan dengan cepat, kamu juga tidak perlu mendatangi semua lokasinya. Cukup lihat di aplikasi online saja, maka melakukan perbandingan rumah sewa akan lebih mudah dan cepat.

Akses Fasilitas

Sudah memilih rumah yang diinginkan untuk mengontrak rumah, saatnya kamu mengetahui akses ke beberapa fasilitas penting di area rumah yang kamu sewa tersebut.

Cari tahu apakah lokasi tersebut dekat dengan pusat perbelanjaan, pasar, ATM, rumah sakit bersalin, rumah sakit umum, dan akses transportasi. Jika semua ada, maka ini adalah berita yang bagus.

Kontrak dengan Materai dan Tanda Tangan

Ini merupakan point yang paling penting dari serangkaian hal-hal penting mengenai mengontrak rumah. Biasakan untuk membaca surat kontrak dengan seksama dan cukup teliti ya.

Kemudian, pastikan pihak penyewa dan pemilik rumah (kedua belah pihak tadi) menandatangani kontrak tersebut dengan dibubuhi materai sebelumnya.

Dengan begitu, surat mengontrak rumah tersebut menjadi sah di mata hukum. Kedua belah pihak juga akan sama-sama nyaman dalam melakukan transaksi mengontrak rumah tersebut.

Untuk perbaikan dan perawatan rumah kontrakan, hubungi tanganketiga untuk solusi jasa renovasi perbaikan rumah.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.