Tips & Trick

Pilih Rumah atau Apartemen Cari Tahu Kelebihan dan Kekurangannya Dulu!

pilih rumah atau apartemen

Kamu mau pilih rumah atau apartemen untuk hunian di masa depan nanti?  Kedua jenis hunian ini sepertinya memiliki fungsi yang hampir sama ya, jadi bingung memilihnya.

Banyak orang memilih rumah karena dianggap nyaman untuk ditinggali, juga bisa untuk investasi di masa depan.

Namun, tidak sedikit juga orang-orang yang lebih memilih tinggal di Apartemen karena alasan lebih simple dan memiliki konsep modern, serta harga apartemen lebih murah dibandingkan membeli rumah.

Baik pilih rumah atau apartemen, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. itulah yang akan kita bahas dalam artikel kali ini.

Pilih Rumah atau Apartemen 

Pengertian Apartemen

Apartemen adalah suatu jenis tempat tinggal yang terdiri dari satu lantai bangunan bertingkat, dengan desain yang mewah dan berukuran cukup besar.

Apartemen umumnya banyak dibangun di kota-kota besar, sebagai alternatif tempat tinggal yang mudah, murah, dan modern, dibandingkan sebuah rumah.

Saat ini, beberapa apartemen bahkan dibangun dengan konsep yang lebih mewah dengan harga yang cukup mahal.

Tujuan pembangunan apartemen di kota-kota besar adalah untuk memenuhi kebutuhan tempat tinggal, yang nyaman dan modern dan lebih terjangkau bagi masyarakat urban. 

Fasilitas yang tersedia di area apartemen juga cukup banyak, seperti kolam renang, jogging track, area parkir yang luas dan lain sebagainnya.

Baca juga : 8 Tipe Apartemen di Kota Besar, Mana yang Paling Sesuai?

Pengertian Rumah

Rumah merupakan suatu bangunan untuk tempat tinggal yang layak huni bagi sebuah keluarga. Rumah juga merupakan suatu aset yang dimiliki si pemilik rumah itu sendiri.

Fungsi utama dari sebuah rumah adalah sebagai area untuk tempat tinggal, namun sebagian besar orang juga menjadikan rumah sebagai lahan usaha dadakan.

Rumah umumnya memiliki beberapa bagian yang wajib kamu ketahui, seperti:

  • Ada taman di bagian depan  
  • Teras taman tersebut
  • Kamar mandi
  • Ruang TV dan Ruang Keluarga
  • Kamar tidur dan lain sebagainya

Kekurangan dan Kelebihan Apartemen VS Rumah

Supaya tidak bingung lagi pilih rumah atau apartemen, penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan kedua jenis bangunan tersebut. Berikut kekurangan dan kelebihan rumah vs apartemen:

Kelebihan dan Kekurangan Rumah

  • Kepemilikan Atas Lahan

Pilih rumah atau apartemen, cobalah untuk mempertimbangkan soal kepemilikan tanahnya. Jika kamu ingin memiliki tanah sekaligus bangunanya, pilihlah sebuah rumah.

Dengan membeli rumah, kamu sekaligus membeli tanahnya. Dalam hal investasi, hal ini tentu akan sangat menjanjikan di masa depan.

  • Lebih Mudah Diperjualbelikan

Dibandingkan Apartemen, rumah sebenarnya bisa lebih mudah ketika hendak dijual kembali. Permintaan akan rumah lebih tinggi dibandingkan bangunan bertingkat tersebut.

Selain dianggap hunian yang nyaman di Indonesia, rumah yang memiliki sertifikat juga bisa digadaikan, untuk kebutuhan yang mendadak atau keperluan memulai suatu bisnis. 

  • Ancaman Banjir

Rata-rata rumah dibangun dengan ketinggian yang rendah. Hal ini cukup berbahaya, jika sebuah rumah berlokasi di area banjir.

Rumah akan lebih mudah dimasuki air ketika banjir datang. Untuk meminimalisir resiko ini, sebaiknya kamu memilih rumah dengan mempertimbangkan tinggi tanah serta kawasan resapan airnya.

  • Harga Jual yang Mahal

Meskipun rumah nyaman dan memiliki ukuran cukup besar, tetapi jika lokasinya berada di kota besar maka akan lebih sulit untuk dijual.

Pasalnya, jual rumah akan bersaing dengan jual apartemen yang cenderung lebih murah dan lebih diminati kaum urban saat ini.

Jika memang kamu tetap mencari rumah di area perkotaan, maka harga yang dipatok untuk rata-rata rumah di sana akan tinggi dan mahal.

Kelebihan dan Kekurangan Apartemen

  • Lokasi Strategis

Beberapa apartemen yang dibangun di pusat kota seperti apartemen Jakarta, apartemen Bandung, dan apartemen Surabaya, berada di lokasi yang strategis dengan akses yang mudah.

Khusus di perkotaan, apartemen juga bisa menjadi investasi bagi pemiliknya, mengingat apartemen bisa dijual atau bisa disewakan.

  • Harga Apartemen Terjangkau

Harga apartemen bisa setengah dari harga beli rumah. Oleh karena itu, apartemen memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan rumah.

Saat ini, bahkan orang bisa memiliki apartemen dengan hanya booking fee dan cicilan per hari yang tentunya bisa meringankan si pemilik apartemen itu sendiri.

  • Apartemen Rawan Gempa

Pilih rumah atau apartemen, sepertinya kamu akan lebih nyaman di rumah saat terjadi gempa yang muncul secara tiba-tiba.

Sebaliknya, apartemen akan menjadi bangunan yang rawan gempa karena dibangun bertingkat ke atas. Pondasi apartemen bisa rusak saat terjadi gempa dan menyebabkan kerusakan yang cukup berbahaya.

  • Biaya Maintenance Service yang Tinggi

Jika pemilik rumah bisa melakukan perawatan bangunan secara personal, apartemen justru di maintenance oleh pihak apartemen yang bersangkutan.

Biaya pemeliharaan dan perawatan ini cukup tinggi dan harus dikeluarkan setiap bulan. Pilih rumah atau apartemen sebaiknya memang dipertimbangkan terlebih dulu.

Itulah sedikit gambaran tentang kelebihan dan kekurangan dari Apartemen dan Rumah. Pastikan kamu mencari tempat tinggal yang paling dirasa nyaman dan sesuai budget.

Pilih rumah atau apartemen keduanya sama-sama memiliki plus minus dan sebaiknya kamu perhitungkan lebih dulu, sebelum memutuskannya.

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.