Tips & Trick

Pilih Panel Dinding atau Wallpaper? Ini Pilihan Terbaiknya

Panel Dinding Wallpaper

Bingung, pilih mana panel dinding atau wallpaper? Rumah yang indah saat ini adalah rumah yang memiliki dekorasi dinding yang estetik dan cantik. 

Bagian dari dekorasi bangunan ternyata bukan hanya furniture dan desain rumahnya saja. Dinding rumah juga bisa di dekorasi sedemikian rupa agar menjadikan rumah semakin indah dan nyaman.

Untuk mendekorasi dinding rumah atau kantor, kita bisa menggunakan wallpaper dan dinding panel. Kedua jenis dekorasi tersebut kini banyak digunakan di berbagai konsep rumah modern..

Jika kamu sedang bingung dalam menentukan dekorasi dinding rumah mana yang terbaik, apakah mau pasang wallpaper atau dinding panel ya? Berikut ini penjelasan selengkapnya:

Panel Dinding Vs Wallpaper

Panel dinding atau wall panel adalah jenis dekorasi dinding berupa lembaran papan tipis. Lembaran-lembaran tersebut akan dipasang di dinding rumah untuk menutupi seluruh permukaan dinding.

Keunikan dari wall panel terdapat pada corak-corak yang membentuk tekstur untuk dinding, agar dinding rumah kamu semakin indah dan tampak stylish.

Zaman dulu, wall panel atau panel pelapis dinding ini banyak digunakan sebagai pelapis tembok dinding batu. Seiring berkembangnya zaman, wall panel kini digunakan untuk berbagai fungsi seperti:

  • Alternatif pengganti cat dinding dan wallpaper dinding rumah
  • Pelindung dinding rumah dari kerusakan karena faktor luar
  • Dapat membantu menutupi kerusakan dinding seperti permukaan yang tidak rata atau tembok yang berlubang.
  • Membantu menutupi kabel yang terlihat, sehingga rumah tampak selalu rapi dan bersih
  • Berfungsi sebagai sokongan dinding pada suatu bangunan

Sementara itu, wallpaper adalah dekorasi dinding yang juga paling banyak diminati saat ini. Wallpaper dinding dibuat berupa kertas tempel dengan motif yang kekinian dan bervariasi.

Wallpaper dinding banyak digunakan saat seseorang ingin mengganti dekorasi dinding rumahnya, tanpa harus mengecat ulang dinding temboknya.

Terdapat beberapa jenis wallpaper dinding yang saat ini banyak digunakan, yaitu sebagai berikut:

  • Fabric wallpaper, wallpaper ini umumnya terbuat dari kain dengan bahan beludru. Harganya juga mahal, serta cara mengaplikasikannya cukup rumit. Kamu harus menggunakan jasa pasang wallpaper yang berpengalaman.
  • Wallpaper heavy duty paper, wallpaper yang terbuat dari kertas dengan lapisan yang lumayan tebal. Wallpaper ini memiliki motif yang timbul, sehingga ketika dipasang di dinding, akan menciptakan kesan yang indah dan unik.
  • Wallpaper Vinyl, wallpaper sejuta umat dengan harga yang terjangkau, tahan lama, dan tidak mudah sobek juga kotor.
  • Pure backing wallpaper, wallpaper ini terbuat dari kertas, mudah dipasang dan harganya relatif murah. Meskipun begitu, wallpaper ini rentan sobek karena bahannya tipis.
  • Foil Wallpaper, wallpaper kertas dengan efek mengkilap , tetapi sangat mudah kusut ketika dipasang pada dinding rumah

Perbedaan Panel Dinding dan Wallpaper

Baik panel dinding dan wallpaper dinding, sepertinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing ketika digunakan sebagai dekorasi dinding di rumah. Apa sih perbedaan panel dinding dan wallpaper?

Perbedaan konsep

Perbedaan panel dinding dan wallpaper dapat dilihat dari konsep penggunaannya. Wall panel konsepnya untuk menutupi keseluruhan dinding, agar menampilkan kesan estetika yang maksimal.

Sementara itu, wallpaper dinding memiliki konsep sebagai dekorasi dinding yang dekoratif dan indah. Hiasan dan tulisan quote yang menyenangkan dan unik.

Perbedaan Motif dan Jenis

Untuk panel dinding jenis-jenis yang tersedia biasanya disesuaikan dengan penggunaannya. Beberapa ada yang terbuat dari kayu, kaca, batu, hingga beton.

Sementara itu, wallpaper dinding juga memiliki motif yang bervariasi. Para pengguna juga bisa melakukan custome wallpaper agar sesuai dengan keinginan.

Perbedaan Keindahan

Wall panel tentunya memiliki sisi keindahan tersendiri. Rata-rata panel dinding ini penampilannya natural, klasik, artisitik, dan futuristic. Dinding rumah akan semakin mewah dan istimewa.

Sementara wallpaper kertas dengan berbagai macam motifnya itu akan membuat dekorasi dinding rumah menjadi lebih hidup, modern, indah, dan tetap elegan.

Keberadaan furniture kekinian juga dapat menjadikan kondisi di dalam rumah terasa lebih hangat, nyaman dan aman tentunya.

Baca juga : 9 Ide Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Menarik untuk Ditiru

Perbedaan Daya Tahan

Perbedaan panel dinding dan wallpaper berikutnya adalah pada daya tahannya. Wall panel cenderung lebih kuat dalam kondisi cuaca apapun.

Selama permukaan dinding tembok rata, maka wall panel dapat dipasang dengan baik. Panel wall juga memiliki tingkat kekedapan suara yang sangat baik, asalkan dinding tembok tidak retak dan berlubang.

Sementara wallpaper dinding cenderung lebih cepat rusak, terutama yang terbuat dari bahan kertas tipis yang mudah sobek. Beberapa wallpaper juga sangat mudah berjamur.

Perawatan

Jika kamu memilih dekorasi dinding panel wall, maka perawatan yang dilakukan tidak terlalu rumit. Wall panel hanya perlu dibersihkan dari debu secara berkala.

Sedangkan untuk wallpaper dinding, akan lebih mudah dibersihkan dari kotoran dan debu. Selain itu, wallpaper dinding harus dicek tingkat kelembaban dinding yang dipasangi wallpapernya, karena akan mempengaruhi daya rekat wallpaper itu sendiri.

Bagaimana sudah tahu perbedaan panel dinding dan wallpaper untuk dekorasi rumahmu? Jika ya, saatnya mendekorasi dinding rumah agar menjadi lebih indah.

Bingung bagaimana memulainya? Serahkan saja kepada tanganketiga, jasa interior dan eksterior desain yang siap mendekorasi dinding dan menjadikan rumah lama kamu menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditinggali.

Kunjungi website kami untuk informasi lebih lanjut, atau mulai berkonsultasi tentang pemilihan panel dinding atau wallpaper dengan tanganketiga melalui whatsapp. Kami tunggu ya!

Cari Jasa Renovasi Rumah dan Bangunan Lainnya? Pilih yang Terpercaya!

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan renovasi bangunan dengan hitungan dan hasil yang matang.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.