Tips & Trick

Ingin Buat Rumah Hebel tanpa Plester? Baca Ini Dulu!

Desain Rumah Hebel tanpa Plester

Apakah boleh buat rumah hebel tanpa plester? Sejatinya membangun dinding rumah atau gedung menggunakan batu-bata harus diplester agar tampak rapi saat di cat. 

Menggunakan jenis batu-bata hebel, suatu bangunan akan memunculkan sisi alaminya. Jika tidak di cat, batu-bata hebel juga tetap nampak indah dan alami. 

Hebel adalah salah satu jenis batu-bata yang kini banyak digunakan sebagai bahan dasar bangunan rumah-rumah modern saat ini. 

Lalu apa itu hebel dan seperti apa kelebihan serta kelemahan rumah hebel tanpa plester, berikut ulasan selengkapnya:

Apa itu Hebel?

Istilah hebel cukup asing ditelinga kita, padahal batu bata ringan inii banyak digunakan sebagai bahan bangunan rumah-rumah modern saat ini.

Bata Hebel merupakan jenis batu-bata yang ringan dan solid, dibandingkan batu-bata Batako yang cenderung berat. Bata hebel juga lebih menghemat bahan ketika kita membangun rumah.

Umumnya, terdapat dua jenis bata hebel yang sering digunakan, yaitu Autoclaved Aerated Concrete (AAC) serta Cellular Lightweight Concrete (CLC).

Bahan utama dari bata hebel AAC menggunakan semen, pasir kuarsa, kapus, air, gypsum, serta pasta alumunium. Sedangkan bata CLC-nya dibuat menggunakan bahan air, busa, semen, dan pasir.

Bisakah Rumah Hebel Tanpa Plester?

Plester merupakan suatu proses untuk meratakan bagian permukaan tembok. Meskipun tembok dibangun dengan batako, bata merah, atau bata hebel. 

Sebagai batu bata yang akan menjadi dinding bangunan rumah, pemasangan batu bata jenis hebel atau batu bata batako tentunya harus di plester agar tidak mudah rembes air saat terkena hujan.

Namun, jika rumah hebel tanpa plester, dikhawatirkan akan menjadi kurang rapi saat di cat, dan akan tampak bergelombang dan tidak rata.

Jika hendak membangun rumah hebel tanpa plester, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan hebel sebagai bangunan tembok rumah. Berikut ulasan selengkapnya:

Kelebihan Hebel Tanpa Plester

Berikut ini beberapa kelebihan yang bisa didapatkan ketika menggunakan konsep rumah hebel tanpa plester:

Rumah Terasa Sejuk

Memilih batu-bata hebel sebagai bangunan utama dinding rumah, akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk dan adem.

Warna tembok “abu-abu” yang merupakan warna alami dari rumah hebel tanpa plester ini yang memberikan kesan sejuk tersebut.

Menghemat Cat

Rumah hebel tanpa plester tentunya akan lebih menghemat penggunaan cat untuk tembok rumah. Pasalnya, tanpa plester berarti tidak memerlukan cat seperti halnya batu-bata biasa.

Rumah Konsep Minimalis Industrial

Bangunan tembok dengan  batu-bata hebel ini mirip dengan bangunan yang terkesan unfinished dalam konsep minimalis industrial.

Rumah tidak akan kehilangan keindahannya, karena unsur alami dari warna tembok hebel ini yang begitu elegan dan nyaman. 

Mudah Dipadupadankan

Bentuk kotak-kotak pada rumah hebel tanpa plester ini juga akan tampak estetik. Oleh sebab itu, jenis bata hebel ini lebih mudah dipadupadankan dengan beberapa elemen tumbuhan serta elemen logam.

Kelemahan Hebel Tanpa Plester

Dibalik semua kelebihan hebel tanpa plester tadi, terdapat beberapa kelemahannya juga seperti:

Finishing Tidak Rata

Beberapa jenis batu-bata yang digunakan untuk membangun tembok akan diplester agar lebih mudah di cat dan diratakan.

Jika memilih untuk tidak melakukan plester pada hebel yang digunakan, dikhawatirkan finishing-nya nanti akan bergelombang dan tidak rata. Permukaan temboknya menjadi tidak rata.

Mudah Merembes Air

Bangunan yang menutupi bagian rumah kita sejatinya harus bisa melindungi isi rumah dari panas Matahari, suhu yang dingin, dan hujan besar.

Jika rumah hebel tanpa plester, dikhawatirkan air akan lebih mudah merembes, khususnya saat hujan besar melanda. Jika menggunakan plester maka air hujan masih bisa tertahan dan tidak merembes.

Harus Dilakukan Pengacian

Proses pengacian sebaiknya tetap dilakukan untuk rumah hebel tanpa plester, agar permukaan dinding hebel tetap halus, struktur bangunananya lebih kuat, dan meminimalisir air hujan yang bisa merembes.

Dalam proses pengacian ini sendiri, harus dilakukan oleh profesional dengan teknik yang benar. Jika kurang teliti dalam mengaci, maka bisa saja terjadi keretakan di area hebel tersebut.

Bahan jenis mortar semen biasanya digunakan untuk proses pengacian yang lebih praktis, dibandingkan harus melakukan plester hebel.

Jasa Interior Desain Rumah Hebel Terbaik

Jika memilih untuk menggunakan jenis batu-bata hebel untuk tembok rumah, sebaiknya memilih supplier hebel terbalik yang berkualitas. 

Adapun untuk konsep interior desain dan eksterior menggunakan rumah hebel tanpa plester, bisa menghubungi jasa arsitek dan jasa interior desain seperti tanganketiga. 

Tanganketiga merupakan jasa kontraktor yang juga memiliki toko furniture online terbaik di Jawa Tengah. 

Temukan beberapa kebutuhan kamu seperti jasa arsitek, jasa renovasi rumah, hingga jasa arsitek rumah di tanganketiga. Kunjungi website kami atau segera berkonsultasi lewat WhatsApp tanganketiga.

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.