Tips & Trick

Penting! 6 Tips Merawat Furniture Kayu Agar Tahan Lama

Merawat Furniture Kayu

Jika Ingin menambahkan beberapa perabotan dari bahan kayu, maka harus tahu juga tips merawat furniture kayu agar bisa lebih tahan lama. 

Furniture kayu yang banyak dijual di toko furniture online maupun offline saat ini terbuat dari beberapa jenis kayu dengan berbagai kualitas. 

Meskipun cukup awet, tanpa kita rawat dengan baik, furniture kayu bisa mudah rusak dan mengganggu estetika rumah kita. 

Seperti apa tips merawat furniture kayu dengan baik dan benar, berikut ini ulasan selengkapnya:

Keunggulan Furniture dari Kayu

Belakangan ini, furniture kayu semakin banyak saja penggemarnya, terutama kaum milenial dan Gen Z yang baru saja memiliki rumah.

Sejak dulu, furniture kayu memang dianggap memiliki beberapa keunggulan dibandingkan furniture jenis lainnya seperti furniture metal atau furniture besi.

Furniture kayu tentunya lebih ramah lingkungan, karena bahan kayu dapat diolah kembali menjadi bentuk lain yang lebih bermanfaat.

Bahan kayu juga dikenal awet dan tahan lama, serta lebih mudah dibersihkan. Seiring berjalannya waktu, dengan perawatan yang tepat furniture kayu akan kuat dan kokoh.

Warna alami kayu tidak hilang, meskipun sudah dibentuk menjadi furniture kayu estetik. Warna alami serat kayunya malah akan menambah nilai keindahan dari furniture tersebut. 

Bahan kayu juga bisa menjadi tampilan yang lebih indah, karena bisa diukir menjadi bentuk furniture yang lebih bernilai estetik. 

Tips Merawat Furniture Kayu

Furniture kayu merupakan salah satu jenis furniture rumah minimalis yang paling banyak diminati saat ini. Selain modelnya bagus, furniture kayu juga lebih ringan dan harganya cukup terjangkau.

Jika memang suka dengan furniture kayu, kamu harus mengetahui bagaimana tips merawat furniture kayu agar lebih tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

Bersihkan dengan Cairan Pembersih

Memiliki furniture kayu di rumah akan rentan kotor oleh debu di rumah. Oleh sebab itu, kita perlu menggunakan cairan pembersih furniture kayu untuk membersihkannya.

Pembersih tersebut dibuat khusus untuk membersihkan bahan kayu, sehingga tidak akan merusak kealamian dari bahan kayu tersebut. bersihkan setidaknya 3 kali seminggu agar furniture tetap awet.

Bersihkan Debu dengan Teratur

Beberapa furniture kayu yang ada di rumah kamu, seperti kursi kayu, meja kayu, ranjang kayu, dan perabotan kayu lainnya sebaiknya jangan dibiarkan kotor karena akan mudah rusak.

Jika jarang dibersihkan, furniture kayu akan mudah keropos dan rusak. Kamu harus rutin membersihkannya menggunakan kain atau lap khusus dengan permukaan yang lembut.

Hindarkan dari Air

Mungkin kamu memiliki meja tamu dari kayu atau meja makan kayu di rumah. Meja-meja ini biasanya sering digunakan untuk menaruh gelas yang berisi air atau makanan dan minuman lainnya.

Jika terbuat dari kayu, maka hindarkan perabotan tersebut dari tumpahan air dan usahakan agar selalu kering. Perabotan kayu rentan terhadap air dan noda, karena akan cukup sulit dibersihkan dan merusak tekstur alami kayunya.

Jauhkan dari Sinar Matahari Langsung

Jika kamu ingin memilih konsep rumah minimalis dengan interior japandi, furniture kayu mungkin akan mendominasi interiornya.

Perpaduan dari desain Jepang-Skandinavia ini memang identik dengan furniture kayu. Maka dari itu, penting untuk menjauhkan perabotan ini dari sinar matahari secara langsung.

Selain warna kayu alaminya akan memudar, furniture kayu ini juga akan lebih mudah rusak dari waktu ke waktu.

Gunakan Kuas Khusus

Tips merawat furniture kayu berikutnya adalah menggunakan kuas khusus untuk membersihkan bagian-bagian furniture yang tidak bisa terjangkau.

Jika cukup sulit untuk membersihkan bagian-bagian yang terlalu sempit atau terselip pada furniture tersebut, cukup bersihkan dengan sikat gigi agar furniture tetap bersih hingga bagian detailnya sekalipun.

Lapisan Pengkilap Furniture

Agar semua perabotan dan furniture kayu di rumah kamu bisa tetap awet, kamu bisa menggunakan lapisan pengkilap furniture khusus.

Cairan pelapis kayu furniture ini hadir dalam bentuk lotion atau minyak, yang bisa disesuaikan kebutuhan. Cukup gunakan kain halus saat menggunakan pelapis furniture kayu ini. 

Furniture Berkualitas Tangan Ketiga

Untuk mendapatkan furniture yang berkualitas, terkadang kita harus membelinya di toko furniture yang memang mengutamakan kualitas produknya. 

Selain itu, toko furniture yang menerima custom sesuai keinginan, tentunya bisa memberikan kita furniture terkini dan cocok dengan konsep hunian modern kita saat ini. 

Produk-produk furniture kayu terbaik dan berkualitas,  kini juga bisa dipesan secara online, seperti dari toko furniture Tanganketiga. 

Tanganketiga menyediakan berbagai furniture modern baik furniture kayu hingga furniture besi dengan desain yang unik dan modern. 

Selain itu, tanganketiga juga menawarkan jasa interior dan eksterior rumah, serta jasa renovasi dan jasa arsitektur rumah untuk memenuhi kebutuhan hunian yang sesuai keinginan kamu.

Silahkan kunjungi website tanganketiga untuk informasi selengkapnya, atau hubungi kami lewat WhatsApp untuk konsultasi seputar jasa desain interior dan furniture online. 

Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *