Tips & Trick

Perbedaan Rumah Tipe 21, 36, 45, dan 60. Wajib Tahu!

Perbedaan Tipe Rumah 21

Kamu sedang mencari rumah di perumahan tapi masih bingung apa saja perbedaan rumah tipe 21,36,45, dan 60?  Yuk kita bedah sekarang dalam artikel ini.

Tipe rumah yang siap huni di Indonesia, umumnya terdiri dari beberapa kode angka seperti rumah tipe 21, tipe 36, tipe 45, hingga tipe 60.

Tipe-tipe rumah tersebut dibuat sebagai perbandingan, baik dalam segi bangunan maupun luas bangunanya.

Misalnya, kamu memilih rumah tipe 45, maka rumah tersebut lebih luas dan memiliki kombinasi ruangan yang lebih banyak, dibandingkan tipe rumah di bawahnya, yaitu tipe 36 dan tipe 21.

Perbedaan Rumah Tipe 21, 36, 45, dan 60

Umumnya, tipe rumah yang paling banyak kita lihat dalam iklan properti atau perumahan milenial adalah tipe 30, tipe 45, dan tipe 60. 

Tipe – tipe rumah tersebut dianggap sebagai rumah yang layak huni dan sudah memiliki standar rumah yang baik dan ideal untuk keluarga Indonesia. 

Lalu apa saja perbedaan rumah tipe 21, 36, 45, dan 60, berikut ini ulasan selengkapnya:

Rumah Tipe 21

Tipe rumah yang pertama adalah rumah tipe 21, yang sangat cocok untuk tempat tinggal kamu yang masih sendiri atau baru menikah dan belum punya anak.

Rumah tipe 21 adalah rumah dengan ukuran luas sekitar 21 m2 dan lebar 7 x 3m. rumah tipe ini memang rumah kecil, dengan 1 kamar tidur, 1 ruang tamu dan keluarga, dengan 1 kamar mandi.

Rumah tipe 21 tidak memiliki dapur, namun diganti dengan pantry berukuran kecil yang bisa digunakan untuk membuat makanan dan minuman.

Rumah tipe kecil ini biasanya dibangun di atas tanah dengan luas yang kurang dari 1 Are, dengan ukuran lahan sekitar 6 x 8 m.

Keuntungan memiliki rumah tipe 21 ini pastinya lebih mudah dalam merawat dan membersihkannya. Namun, karena ukuranya yang terlalu kecil, tanpa dapur, rumah tipe 21 ini sudah jarang ditemui dan tidak banyak dibangun kembali.

Rumah Tipe 36

Berikutnya adalah rumah sejuta umat di Indonesia, yaitu rumah tipe 36. Rumah ini memiliki luas bangunan 36 m2 dan lebar 6 x 6 m.

Bangunan rumah tipe 36 ini bisa dibangun di atas tanah yang luasnya kurang dari 1 Are, dengan luas lahan sekitar 6 x 10 m atau 8 x 9 m. penyebutan lengkap untuk tipe rumah sejuta umat ini adalah rumah tipe 36 per 60.

Bagian dalam rumah tipe ini terdiri dari dua kamar tidur, satu ruangan tamu plus ruang keluarga. Kemudian, ada 1 ruang dapur dan juga 1 kamar mandi. 

Rumah ini cocok sebagai rumah tempat tinggal pasangan yang baru menikah dan memiliki 1 hingga 2 anak. Memiliki rumah tipe ini juga akan mudah dalam melakukan perawatannya. 

Rumah tipe 36 adalah jenis rumah yang paling banyak diminati di Indonesia. hal ini disebabkan semua ruangan sudah lengkap, meskipun ukurannya masih kurang luas. 

Baca juga : 6 Desain Interior Rumah Type 36 Minimalis yang Bikin Nyaman

Rumah Tipe 45

Selanjutnya, kita beralih ke tipe rumah yang lebih besar, yaitu rumah tipe 45. Rumah ini tentunya memiliki luas bangunan sebesar 45 m2 dengan layout 7.5 x 6 m, dan dibangun di atas tanah seluas lebih dari 1 Are. 

Dengan luas bangunan 45 m2, tentunya ada banyak kombinasi ruangan yang bisa dibangun. Rumah tipe ini memiliki 3 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruangan tamu dan ruang keluarga, dan 1 dapur. 

Karena ukuran rumah yang semakin luas, maka rumah tipe 45 dapat menampung 3 kamar tidur. Rumah seperti ini cocok sebagai tempat tinggal keluarga inti dengan 4 orang anak. 

Denah ruangan rumah tipe 45 ini cukup padat, dan masih terbilang rumah yang cukup kecil. Namun, fasilitas ruangan sudah memadai. 

Rumah ini sudah boleh memiliki garasi, sehingga dapat dibangun di lahan kavling sekalipun, dengan luas tanah setidaknya hingga 1 are

Rumah Tipe 60

Ingin memiliki rumah yang lebih luas dari tipe 45, dengan dilengkapi 3 kamar tidur dan 2 kamar mandi? Pilihan yang tepat adalah rumah tipe 60.

Ini merupakan tipe rumah yang paling luas, sehingga bisa melakukan kombinasi ruangan tambahan. Selain kamar tidur dan kamar mandi, juga dilengkapi 1 ruang tamu yang luas, 1 ruang keluarga, 1 garasi mobil dan juga teras rumah.

Keunggulan memiliki rumah tipe 60 adalah memiliki biaya pembangunan yang masih terjangkau, meskipun ukuran rumahnya lebih luas. Rumah seperti sudah memiliki standar rumah yang baik dan merupakan rumah yang ideal. 

Konsultasi Jasa Bangun Rumah

Kamu mempunyai tanah kavling dan ingin membangun rumah di atasnya, tapi masih bingung menentukan tipe rumah yang sesuai dan cocok sesuai dengan budget? 

Sebaiknya konsultasikan semua permasalahan ini dengan tanganketiga, konsultan jasa bangun rumah dan desain interior serta eksterior rumah terpercaya di Kuningan.

Bukan hanya berkonsultasi tentang memilih tipe rumah dari perbedaan rumah tipe 21, 36, 45 , dan 60, tapi kamu juga bisa berkonsultasi seputar desain interior ruangan rumah kamu. 

Silahkan kunjungi website tanganketiga atau lihat semua portfolio kami melalui Instagram tanganketiga!

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.