Tips & Trick

Perhatikan 5 Tips Membeli Tanah Kavling Agar Tidak Rugi!

Tips Beli Tanah Kavling

Ada beberapa tips membeli tanah kavling yang harus diperhatikan,agar kamu mendapatkan letak tanah terbaik untuk membangun rumah sesuai dengan keinginan. 

Seperti kita ketahui bahwa tanah juga merupakan salah satu investasi yang cukup menjanjikan di masa depan, karena harga tanah mengalami perubahan setiap tahunnya.

Salah satu jenis tanah untuk investasi adalah tanah kavling. Jenis tanah ini biasanya ditemukan di sektor perumahan modern dengan harga yang bervariasi.

Agar tidak salah ketika membeli tanah kavling di perumahan atau di area pemukiman lainnya, perhatikan beberapa tips membeli tanah kavling berikut ini:

Baca juga : Beli Tanah atau Rumah Dulu Ya? Begini Pertimbangannya!

Pengertian Tanah Kavling

Sebelum mengetahui tips memilih tanah kavling, mari kita ketahui terlebih dahulu pengertian dari tanah kavling tersebut.

Bagian dari tanah yang sudah dibuat petak-petak dengan ukuran yang disesuaikan untuk dibangun sebuah rumah, merupakan definisi dari tanah kavling.

Tanah kavling merupakan tanah yang sudah disiapkan untuk pembangunan rumah tempat tinggal, ruko, kontrakan, rumah kos, bahkan untuk kebutuhan lahan parkir dan pertanian.

Tanah kavling juga biasa disebut sebagai tanah lot, dimana ukuran 1 lot nya hanya untuk 1 bangunan. Misalnya ukuran 1 hektar bisa menjadi 20 tanah kavling untuk perumahan.

Seperti hal nya rumah, tanah kavling juga memiliki sertifikat. Sertifikat yang dibuat biasanya berupa sertifikat gabungan tanah atau sertifikat induk.

Seperti hal nya jenis properti lain, tanah kavling juga bisa menimbulkan kerugian, jika sang pemilik tidak memperhatikan tips membeli tanah kavling terlebih dahulu.

Tips Membeli Tanah Kavling

Sebagai salah satu bentuk investasi properti, tanah kavling juga sebaiknya tidak dipilih dengan sembarangan.

Perhatikan beberapa tips membeli tanah kavling berikut, agar terhindar dari resiko keuangan yang merugikan:

  • Menggali Informasi terpercaya

Tips membeli tanah kavling yang pertama adalah menggali informasi terpercaya mengenai tanah kavling, di situs properti yang legal.

Saat ini, kita bisa dengan mudah menemukan properti terbaik dan terpercaya dan dapat diakses dengan mudah melalui sebuah aplikasi atau website perusahaan properti online terpercaya.

Dari sana, kamu bisa mendapatkan informasi beli tanah kavling dan harga tanah kavling dari berbagai lokasi yang strategis di Indonesia.

  • Cek Keaslian Dokumennya

Tips membeli tanah kavling berikutnya adalah melakukan pengecekan terhadap dokumen-dokumen terkait tanah kavling tersebut.

Seperti hal nya dokumen properti lainnya, tanah kavling yang legal tentunya memiliki SHM ( Sertifikat Hak Milik ), sebagai bukti kepemilikan sebuah properti yang resmi.

Jika memang tanah kavling ini belum memiliki SHM, kamu bisa coba untuk tanyakan mengenai Sertifikat Hak Guna Bangunan ( SHGB ) dari tanah petak tersebut.

Lakukan juga pengecekan terhadap identitas dari pemilik properti tanah kavling yang akan kita beli. Cek nama identitas apakah sama dengan nama dari sertifikat tanahnya.

Jika masih ragu, tanyakan mengenai dokumen tanah kavling terkait ke BPN (Badan Pertanahan Nasional), melalui fotokopi sertifikat tanah yang ada.

Dengan melakukan pengecekan keaslian dokumen tanah kavling, maka kita bisa terhindar dari masalah sengketa tanah di masa depan.

  • Memeriksa Luas dan Batas Tanah

Tips membeli tanah kavling berikutnya adalah dengan memeriksa luas dan batas tanah kavling yang akan kita beli.

Hal ini dilakukan agar kita dapat terhindar dari kesalahpahaman serta kerugian ketika sudah membangun rumah di atas tanah kavling tersebut.

Pastikan juga bahwa luas dari beli tanah kavling ini sesuai dengan luas yang tertera pada sertifikatnya. Jika memerlukan bantuan, hubungi kantor BPN terdekat ke lokasi.

  • Menyesuaikan Budget

Memiliki rumah atau membeli tanah kavling untuk dibangun rumah dapat terwujud sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Jika memang ingin membeli tanah kavling secara kredit, maka perhatikan estimasi cicilan nya apakah sesuai dengan budget yang ada.

  • Kondisi Tanah dan Lokasinya

Tips membeli tanah kavling yang tentunya tidak boleh terlewat adalah memperhatikan kondisi tanah dan lokasinya.

Kamu bisa memperhatikan bagaimana akses jalan menuju lokasi tanah kavling dan apakah lokasi tersebut cukup mudah dijangkau atau tidak.

Lokasi tanah kavling yang mudah akses jalan masuknya, serta dapat dilintasi kendaraan baik motor atau mobil adalah yang layak dipilih.

Sebaiknya hindari untuk membeli tanah kavling di beberapa lokasi seperti dekat rangkaian sutet, dekat jalur listrik tegangan tinggi, jalur kereta api, di dekat sungai, di wilayah bencana, atau di area jalur pipa gas.  

Memilih dan membeli tanah kavling sebaiknya tidak dilakukan dengan buru-buru, meskipun harga tanah kavling lebih murah dibandingkan membeli rumah yang sudah jadi. 

Dengan memperhatikan tips membeli tanah kavling di atas, kita bisa terhindar dari risiko kerugian yang mungkin terjadi, terkait dengan jual beli tanah kavling. 

Jika tanah kavling sudah kamu miliki, saatnya bangun rumah impian bersama tanganketiga jasa bangun rumah, jasa renovasi rumah, dan jasa interior dan eksterior terbaik.

Urusan bangun rumah impian, tips membeli tanah kavling, serta tips properti lainnya bisa dibaca lebih lengkap melalui website tanganketiga.

Cari Jasa Kontraktor Bangunan yang Terpercaya?

tanganketiga adalah solusinya. memberikan pelayanan dari desain hingga finishing.
Back to list

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *